PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL HOT (HIGHER ORDER THINKING) SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

 Das Salirawati

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ciri-ciri dan cara pengembangan soal HOT (Higher Order Thinking) yang berkualitas baik, memberikan pengalaman langsung dalam mengubah soal biasa menjadi soal HOT dan dalam pengembangan soal HOT bagi guru-guru kimia SMA se-Kabupaten Sleman.

Sebagai sasaran PPM adalah guru-guru kimia SMA se-Kabupaten Sleman yang dipilih secara random sampling, artinya dipilih satu dari beberapa guru kimia untuk setiap SMA yang ada di Kabupaten Sleman. Kegiatan PPM dilaksanakan pada hari Sabtu berturut-turut pada tanggal 23 April, 11 Juni, dan 23 Juli 2016 masing-masing di SMA 1 Seyegan, SMA N 1 Mlati, dan SMA N 1 Kalasan, menggunakan ceramah, diskusi, dan tanya jawab tentang permasalahan yang berkaitan pengembangan soal HOT, sekaligus latihan mengubah soal biasa menjadi HOT dan tugas kelompok berupa pengembangan soal HOT dan mempresentasikannya.

Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan, meliputi penilaian sikap keaktifan, kerjasama, dan tanggung jawab secara berturut-turut berada pada kategori baik, sangat baik, dan baik. Penilaian terhadap penguasaan soal HOT melalui tugas mandiri mengubah soal biasa menjadi soal HOT maupun pengembangan soal HOT secara berkelompok menunjukkan hasil yang belum memuaskan, karena sebagian besar guru belum menguasai dengan baik, sehingga guru perlu belajar lebih giat dan lebih banyak latihan di rumah maupun dalam forum MGMP. Penilaian terhadap unjuk kerja menunjukkan hasil sangat baik. Secara umum kegiatan PPM ini berhasil dan tepat sasaran, terbukti peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan seluruh peserta menyatakan kegiatan PPM ini bermanfaat. Harapannya, peserta yang hadir berkenan menularkan ilmunya kepada guru lain di sekolahnya maupun sekolah lainnya.


Full Text:

PDF

References


Colin Marsh. (1996). Handbook for beginning teachers. Sydney: Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.

Das Salirawati. (2012). Profil kemampuan peserta didik indonesia menurut benchmark lnter-nasional (Bidang Sains). Seminar Nasional Hotel Salak Heritage. Bogor. tanggal 3 Desember 2012.

Depdiknas. (2005). PP RI No. 19/2005: Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

________. (2005). UU RI No. 14/2005: Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas

Djemari Mardapi. (2012). Pengukuran, penilaian, evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rosnawati. (2012). Profil kemampuan peserta didik indonesia menurut benchmark lnternasional (Bidang Matematika). Seminar Nasional Hotel Salak Heritage. Bogor. tanggal 3 Desember 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 1411-3554 || e-ISSN: 2620-6404

Indexed by: