PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL HOT (HIGHER ORDER THINKING) SEBAGAI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
DOI:
https://doi.org/10.21831/ino.v21i1.13175Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ciri-ciri dan cara pengembangan soal HOT (Higher Order Thinking) yang berkualitas baik, memberikan pengalaman langsung dalam mengubah soal biasa menjadi soal HOT dan dalam pengembangan soal HOT bagi guru-guru kimia SMA se-Kabupaten Sleman.
Sebagai sasaran PPM adalah guru-guru kimia SMA se-Kabupaten Sleman yang dipilih secara random sampling, artinya dipilih satu dari beberapa guru kimia untuk setiap SMA yang ada di Kabupaten Sleman. Kegiatan PPM dilaksanakan pada hari Sabtu berturut-turut pada tanggal 23 April, 11 Juni, dan 23 Juli 2016 masing-masing di SMA 1 Seyegan, SMA N 1 Mlati, dan SMA N 1 Kalasan, menggunakan ceramah, diskusi, dan tanya jawab tentang permasalahan yang berkaitan pengembangan soal HOT, sekaligus latihan mengubah soal biasa menjadi HOT dan tugas kelompok berupa pengembangan soal HOT dan mempresentasikannya.
Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan, meliputi penilaian sikap keaktifan, kerjasama, dan tanggung jawab secara berturut-turut berada pada kategori baik, sangat baik, dan baik. Penilaian terhadap penguasaan soal HOT melalui tugas mandiri mengubah soal biasa menjadi soal HOT maupun pengembangan soal HOT secara berkelompok menunjukkan hasil yang belum memuaskan, karena sebagian besar guru belum menguasai dengan baik, sehingga guru perlu belajar lebih giat dan lebih banyak latihan di rumah maupun dalam forum MGMP. Penilaian terhadap unjuk kerja menunjukkan hasil sangat baik. Secara umum kegiatan PPM ini berhasil dan tepat sasaran, terbukti peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan seluruh peserta menyatakan kegiatan PPM ini bermanfaat. Harapannya, peserta yang hadir berkenan menularkan ilmunya kepada guru lain di sekolahnya maupun sekolah lainnya.
References
Colin Marsh. (1996). Handbook for beginning teachers. Sydney: Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.
Das Salirawati. (2012). Profil kemampuan peserta didik indonesia menurut benchmark lnter-nasional (Bidang Sains). Seminar Nasional Hotel Salak Heritage. Bogor. tanggal 3 Desember 2012.
Depdiknas. (2005). PP RI No. 19/2005: Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
________. (2005). UU RI No. 14/2005: Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas
Djemari Mardapi. (2012). Pengukuran, penilaian, evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rosnawati. (2012). Profil kemampuan peserta didik indonesia menurut benchmark lnternasional (Bidang Matematika). Seminar Nasional Hotel Salak Heritage. Bogor. tanggal 3 Desember 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraanas a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-NC-SA License.