Analisis Butir Soal dengan Classical Test Theory untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Siswa

Analisis Butir Soal Classical Test Theory Memampuan Kognitif SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis nalysis of Test Item Cognitive Ability Vocational High School Office Management and Business Services

Authors

January 4, 2025
January 5, 2025

Downloads

Abstrak: Analisis Butir Soal dengan Classical Test Theory untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Siswa

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pada butir soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) pada pembelajaran Praktik Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menganalisis 50 butir instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Analisis data penelitian ini menggunakan classical test theory yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, tingkat kesukaran soal, dan efektivitas pengecoh di mana dianalisis dengan menggunakan SPSS dan Anbuso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 31 soal yang dapat digunakan dalam mengkur kemampuan kognitif siswa dengan tingkat ketepatan dan keajekan yang baik – valid dan reliabel. Daya pembeda menunjukkan bahwa seluruh soal dapat digunakan dengan kategori daya pembeda baik dan cukup baik. Tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa 6,5% soal dinyatakan sukar, 51% soal dinyatakan mudah, dan 41,9% soal dinyatakan sedang. Terakhir, efektivitas pengecoh menunjukkan bahwa 16 butir soal perlu direvisi pengecohnya apabila digunakan dalam paket soal yang digunakan karena menunjukkan kurang efektifnya alternatif jawaban untuk mengecoh peserta ujian. 

Kata kunci: Analisis Butir Soal; Classical Test Theory; Memampuan Kognitif; SMK; anajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis


Abstract:Analysis of test item with Classical Test Theory to Measure Students' Cognitive Ability

This study aims to analyze the feasibility of the items used to measure the cognitive abilities of vocational students of Office Management and Business Services (OMBS) in Office Practice learning. This study is a descriptive study by analyzing 50 items of multiple choice test instruments. The data analysis of this study uses classical test theory which consists of testing the validity, reliability, discriminat power, difficulty level, and distractor effectiveness which are analyzed using SPSS and Anbuso. This study indicate that there are 31 questions that can be used in measuring students' cognitive abilities with a good level of accuracy and reliability – valid and reliable. Discriminat power of test item shows that all questions can be used with good and fairly good discriminant power categories. The difficulty level of the questions showed that 6.5% of the questions were declared difficult, 51% of the questions were declared easy, and 41.9% of the questions were declared moderate. Then, the distractor effectiveness shows that 16 items need to be revised if they are used in the question package used because they show the ineffectiveness of alternative answers to trick participants.

 Keyword: Analysis of Test Item; Classical Test Theory, Cognitive Ability, Vocational High School, Office Management and Business Services