Efisiensi Vol. XV No. 2 Agustus 2018

DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2

Kajian yang dibahas dalam edisi kali fokus kepada penguasaan kompetensi lulusan administrasi perkantoran dan sekretari. Salah satu peran sekretaris adalah sebagai pelaksana fungsi hubungan masyarakat, sehingga seorang calon sekretaris dituntut memiliki keterampilan mendesain publikasi. Selain itu sangat penting mengetahui respon dari pengguna alumni terakit dengan keterampilan apa yang harus dikuasai oleh lulusan sekretari. Selain itu perlu menerapkan metode collaborative learning, dimana perspektif dari metode ini adalah seseorang dikatakan belajar apabila orang tersebut terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran di kelas untuk membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan serta dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Disisi lain, kualitas pendidik juga menjadi kunci keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran, peningkatan kompetensi pendidik dapat dilakukan melalui diklat. Oleh karena itu, diperlukan sebuah program evaluasi diklat untuk mengukur sejauh mana tujuan diklat sudah tercapai. Pendidik harus siap mengembangkan kompetensi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional kepada peserta didik melalui kegiatan proses belajar mengajar. Di era revolusi industri 4.0, pendidik juga perlu memanfaatkan teknologi e-learning sebagai pendukung dalam suksesnya proses pembelajaran.

Table of Contents

Articles

Nadia Sasmita Wijayanti, Sutirman Sutirman, Purwanto Purwanto, Mochamad Hanafi, Wahyu Rusdiyanto
PDF
1-8
Siti Umi Khayatun Mardiyah, Joko Kumoro, Chusnu Syarifa Diah Kusuma, Wahyu Rusdiyanto
PDF
9-14
Yudit Ayu Respati
PDF
15-23
Yuliansah Yuliansah
PDF
24-32
Rosidah Rosidah, Muslikhah Dwihartanti, Nadia Sasmita Wijayanti
PDF
33-42
Chusnu Syarifa Diah Kusuma
PDF
43-50
Muslikhah Dwihartanti, Siti Umi Khayatun Mardiyah, Arwan Nur Ramadhan
PDF
51-63