Archives

2019

Cover Page

Efisiensi Vol. XVI No. 1 Februari 2019

Kajian yang dibahas dalam edisi kali mengkaji bagaimana kita tetap dapat eksis di era revolusi industri 4.0. Beberapa topik kajian tersebut terkait unit produksi, evaluasi program pelatihan, komitmen organisasi, otomatisasi pemberian kredit pensiun, kesiapan kerja siswa SMK, peranan perpuratan piutang usaha dan perkembangan surat niaga. Dalam pengembangan unit produksi, perlu menjadi perhatian kita bersama karena kegiatan praktik pada unit produksi kurang efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar kewirausahaan. Pada sisi lain, kita perlu memberikan pelatihan berkomunikasi kepada siswa SMK karena setelah dilakukan pelatihan ada peningkatan keterampilan dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kajian lain yang dilakukan terkait komitmen organisasi juga menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja, hasil kepuasan kerja dan pengaruh non-signifikan karakteristik kerja, kepemimpinan serta keadilan suatu organisasi berpengaruh bagi komitmen organisasi. Metode weighted product mempermudah dalam menentukan pinjaman kredit pensiun.  Kajian tentang kesiapan kerja menunjukkan adanya pengaruh secara simultan antara On The Job Training (OJT), prestasi belajar, informasi tentang kerja, dan motivasi untuk kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Kajian berikutnya tentang peranan perputaran piutang usaha terhadap ROI  Perusahaan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara perputaran piutang usaha terhadap tingkat profitabilitas. Kajian terakhir terkait surat niaga, disarankan bahwa di era disrupsi diharapkan dalam menggunakan fasilitas teknologi komunikasi dalam korespondensi, karena melalui teknologi komunikasi dapat mempermudah dalam pekerjaannya.


2018

Cover Page

Efisiensi Vol. XV No. 2 Agustus 2018

Kajian yang dibahas dalam edisi kali fokus kepada penguasaan kompetensi lulusan administrasi perkantoran dan sekretari. Salah satu peran sekretaris adalah sebagai pelaksana fungsi hubungan masyarakat, sehingga seorang calon sekretaris dituntut memiliki keterampilan mendesain publikasi. Selain itu sangat penting mengetahui respon dari pengguna alumni terakit dengan keterampilan apa yang harus dikuasai oleh lulusan sekretari. Selain itu perlu menerapkan metode collaborative learning, dimana perspektif dari metode ini adalah seseorang dikatakan belajar apabila orang tersebut terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran di kelas untuk membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan serta dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Disisi lain, kualitas pendidik juga menjadi kunci keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran, peningkatan kompetensi pendidik dapat dilakukan melalui diklat. Oleh karena itu, diperlukan sebuah program evaluasi diklat untuk mengukur sejauh mana tujuan diklat sudah tercapai. Pendidik harus siap mengembangkan kompetensi bahasa Inggris sebagai bahasa internasional kepada peserta didik melalui kegiatan proses belajar mengajar. Di era revolusi industri 4.0, pendidik juga perlu memanfaatkan teknologi e-learning sebagai pendukung dalam suksesnya proses pembelajaran.

Cover Page

Efisiensi Vol. XV No. 1 Februari 2018

Kajian yang dibahas dalam edisi kali fokus kepada kompetensi mahasiswa, sekretari, dan organisasi non profit. Salah satu cara untuk mencapai kompetensi lulusan Sekretari ialah dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk PKL. Pelaksanaan PKL membutuhkan koordinasi yang baik antara mahasiswa, prodi sekretari D3 dan instansi mitra atau dunia kerja/dunia industri (DU/DI). Pentingnya penguasaan bahasa Inggris bagi sekretaris adalah bahasa Inggris dapat membuka jendela dunia untuk memasuki dunia baru yang lebih luas, meningkatkan karir, memperlancar komunikasi, memberikan nilai tambah, menambah pengetahuan dan wawasan seputar informasi dunia internasional, dan bahasa pengantar untuk mempermudah memahami teknologi gadget dan internet. Pekerjaan Sekretaris dalam kantor membutuhkan media teknologi informasi. Dengan menggunakan bantuan  teknologi  tersebut pekerjaan  kantor dapat efisien dan efektif.

Dewasa ini, tidak hanya organisasi profit yang menjalankan berbagai macam strategi pemasaran untuk menjaring konsumen. Organisasi non-profit pun juga melakukan berbagai strategi pemasaran agar tetap eksis. Di era serba modern dan informasi tanpa batas, bermunculan marketplace dan perusahaan eksponensial, menyebabkan keinginan konsumen untuk dilayani serba cepat dan ringkas. Kualitas jasa layanan online yang maksimal akan menciptakan customer loyalty yang berujung pada customer engagement. Kepegawaian merupakan unsur penting dalam administrasi yang akan menggerakkan unsur yang lainnya. Sehingga sangat perlu diperhatian dalam peranan atau kegiatannya.


2016

Cover Page

Efisiensi Vol. XIV No. 1 Februari 2016

Tulisan yang disajikan pada jurnal Efisiensi Volume XIV ini diawali dengan gagasan tentang pentingnya penataan tata ruang kantor untuk menghasilkan efektivitas pekerjaan kantor. Rangkaian pekerjaan dalam suatu kantor dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat apabila ruang kantor ditata dengan baik sesuai dengan alur pekerjaan. Pengaturan ruang tempat bekerja yang sistematis  sesuai dengan urutan pekerjaan dapat mendukung tercapainya efektivitas kerja di kantor.

Tulisan berikutnya membahas tentang peran komunikasi non verbal dalam menunjang profesionalisme sekretaris. Sekretaris sebagai profesi yang tugasnya banyak berhubungan dengan pihak lain, dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Seorang sekretaris  tidak hanya dituntut menguasai keterampilan  komunikasi verbal, melainkan juga harus menguasai keterampilan komunikasi non verbal. Komunikasi non verbal diperlukan untuk memperkuat dan memperjelas pesan dari komunikator kepada komunikan.Selanjutnya disajikan temuan hasi penelitian tentang pengaruh pengetahuan dan orientasi religius terhadap minat menjadi nasabah Islamic Mini Bank FE UNY. Selain itu juga disajikan temuan hasil penelitian tentang implementasi sistem manajemen arsip elektronik pada kantor pemerintahan kota Yogyakarta. Tulisan ini menyajikan informasi mengenai penerapan sistem manajemen arsip elektronik oleh lembaga-lembaga pemerintah di lingkungan pemerintah kota Yogyakarta.Tulisan terakhir yang disajikan membahas peran administrasi dalam membangun masyarakat berkarakter. Krisis karakter yang melanda generasi bangsa Indonesia harus diatasi dengan berbagai disiplin ilmu. Tulisan ini menyajikan gagasan tentang membangun masyarakat berkarakter melalui disiplin ilmu administrasi.


2015

Cover Page

Efisiensi Vol. XIII No. 2 Agustus 2015

Dalam edisi ini Damiatun Nafiah membahas masalah Peran Typer Shark Deluxe sebagai Media Pembelajaran Mengetik Cepat bagi Calon Sekretaris. Meskipun pada masa sekarang telah memasuki era komputerais, tapi pelajaran mengetik masih juga diperlukan untuk melatih keterampilan dasar mengetik dengan komputer secara cepat. Mengingat mengetik itu merupakan pekerjaan  yang bersifat keterampilan, maka perlu dicari media pembelajaran yang lebih sesuai.

Rumsari Hadi S.  menyoroti masalah peran dari seorang Sekretaris sebagai praktisi Public Relations dalam organisasi. Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta juga membuka Program Studi Sekretari tingkat Diploma 3 non kependidikan. Oleh karena itu dalam edisi ini dibahas mengenai peluang dari lulusan Sekretari untuk menjadi praktisi public relations ( PR) yang sangat diperlukan dalam masyarakat.

Arwan Nur Ramadhan bersama Purwanto mengangkat hasil penelitian mengenai Unjuk Kerja Sistem Kearsipan Elektronik pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai feedback di dalam proses pembelajaran sekaligus sebagai bahan evaluasi  sejauh mana unjuk kerja  sistem kearsipan elektronik yang telah diterapkan di Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Masalah Kearsipan termasuk materi pokok untuk prodi Administrasi Perkantoran dan Sekretari. Oleh karena itu dalam kesempatan ini mendapat prioritas pembahasan yang mengacu pada arsip elekronik. Untuk masa-masa kedepan penyimpanan dokumen, arsip dilakukan secara elekronik yang dapat menghemat ruang.

Iin Kristiyanti membahas masalah Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Dalam hal ini pelayaan kearsipan kalau tidak dikelola dengan baik maka hasilnya akan mengecewakan. Mana yang terlalu lama penanganannya, lamabat, kadang malah dicari tidak ketemu. Maka diperlukan manajemen kearsipan yang baik sehingga kualitas pelayanan dapat ditingkatkan.

Sesuai dengan perkembangan  di Era global, Chusnu Syarifa Diah Kusuma menyoroti Pentingnya Guru Dalam Pengembangan Minat Belajar Bahasa Inggris. Merupakan suatu tuntutan yang tidak dapat dielakkan lagi bahwa bahasa asing (Inggris) merupakan bahasa yang sagat perlu dikuasai oleh guru karena banyak ilmu yang dalam buku-buku yang berbahasa Inggris. Bagaimana mungkin ilmu guru dapat bertambah dan berkembang denga cepat  kalau tidak menguasai bahasa Inggris.

Cover Page

Efisiensi Vol. XIII No. 1 Februari 2015

Pada kajian edisi kali ini membahas tentang pelayanan prima dan budaya perusahaan. Birokrasi pemerintah di Indonesia pada masa Orde Baru sering diindetikkan dengan birokrasi yang korup dan lamban. Kemudian, birokrasi pada masa Orde Reformasi yang diharapkan dapat menampilkan wajah baru dari birokasi Orde Baru, pada kenyataannya gagal untuk merepresentasi birokrasi yang mampu memahami konteks pelayanan yang sesungguhnya. Bahkan korupsi meraja lela sampai birokrasi tingkat paling bawah. Ekspetasi publik pun tidak mampu terrpresentasi dengan baik pada Orde Reformasi. Terdapat tiga kategori kompetensi sekretaris yaitu: kompetensi umum, kompetensi inti, dan kompetensi khusus (tambahan). Sistem pendidikan diarahkan untuk mewujudkan RISE (Relevance, Academic Atmosphere, Institutional Management, Suistability, and Efficiency).Kebijakan Pemerintah memberikan ruang pada lembaga pendidikan untuk selalu mengembangkan kualitas serta melakukan pelayanan prima kepada stakeholer-nya. Tujuan dalam pembentukan budaya perusahaan yang baik adalah menciptakan etos kerja karyawan yang tinggi, etos kerja tinggi merupakan tolok ukur kualitas dari suatu perusahaan. Budaya perusahaan adalah soft side, sebagai pendukung hard side (sistem produksi, struktural, desain dan teknologi) untuk memacu kualitas. Pengelolaan arsip merupakan aspek penting dalam suatu organisasi, baik organisasi bisnis maupun pemerintahan. Bertambahnya volume pekerjaan suatu organisasi, menyebabkan bertambah pula jumlah arsip yang dihasilkan. Jumlah arsip yang semakin banyak dari waktu ke waktu, membutuhkan penanganan yang baik agar informasi yang terkandung di dalam arsip tersebut dapat ditemukan dengan cepat dan tepat.


2012

Cover Page

Efisiensi Volume XII, No. 1, Februari 2012

Pada jurnal edisi ini terdapat tujuh artikel jurnal dengan tema beragam diantaranya: mutu pendidikan kejuruan, kurikulum, peran ASPAPI, kemandirian belajar, Lingkungan belajar, penulisan surat, dan komunikasi.

2011

Cover Page

Efisiensi Volume XI, No. 2, Agustus 2011

Efisiensi edisi ini berisi artikel dengan berbagai macam kajian antara lain: birokrasi pemerintah, manajemen sumber daya manusia, organisasi, manajemen laboratorium, pendidikan, dan pemasaran.
Cover Page

Efisiensi Volume XI, No. 1, Februari 2011

Efisiensi edisi ini berisi artikel dengan berbagai macam kajian antara lain: manajemen kearsipan, sumber daya manusia, sistem analisis administrasi, dan komunikasi

2010

Cover Page

Efisiensi No. 1 Volume X, Februari 2010

Efisiensi edisi ini membuat berbagai macam kajian antara lagin: organisasi, komunikasi, pendidikan, ekonomi, dan manajemen.

2009

Cover Page

Efisiensi No. 1 VOlume IX, Februari 2009

Efisiensi edisi ini membuat 5 tulisan yang berkaitan dengan administrasi perkantoran, sistem informasi manajemen, manajemen sumber daya manusia, dan satu artikel yang membahas tentang keuangan.

2007

Cover Page

Efisiensi No. 2 Volume VII, Agustus 2007

Efisiensi edisi ini memuat 7 tulisan yang berkaitan dengan komunikasi, ilmu organisasi, administrasi pembangunan, administrasi perkantoran dan dua artikel yang membahas hasil penelitian pendidikan
Cover Page

Efisiensi No. 1 Volume VII, Februari 2007

Efisiensi edisi ini membuat 7 tulisan yang berkaitan dengan kehumasan, sistem informasi, ilmu organisasi, administrasi pembangunan, manajemen, dan satu artikel yang membahas hasil penelitian pendidikan.

2006

Cover Page

Efisiensi No. 3 Volume VI, September 2006

Edisi Dies Natalis FIS UNY

Efisiensi edisi kali ini memuat 7 tulisan yang berkaitan dengan administrasi pembangunan, manajemen, kepemimpinan, teknologi perkantoran, sumber daya manusia, dan pendidikan administrasi.

Cover Page

Efisiensi No. 2 Volume VI, Agustus 2006

Efisiensi edisi kali ini memuat 7 tulisan yang kesemuanya berkaitan dengan administrasi pembangunan, komunikasi, dan administrasi negara.
Cover Page

Efisiensi No. 1 Volume VI, Februari 2006

Efisiensi edisi kali ini memuat 8 tulisan yang kesemuanya berkaitan dengan administrasi pembangunan, optimalisasi organisasi, pemberdayaan masyarakat, dan hubungan masyarakat.

2005

Cover Page

Efisiensi No. 2 Volume V, Agustus 2005

Edisi isi memuat berbagai macam kajian antara lain: komunikasi, administrasi negera, manajemen, dan teknologi perkantoran.
Cover Page

Efisiensi No. 1, Volume V, Februari 2005

Jurnal efisiensi edisi ini memuat 7 tulisan yang kesemuanya berkaitan dengan sumber daya manusia, administrasi pembangunan, manajemen kearsipan dan komunikasi untuk masalah, dan terdapat 3 artikel terkait dengan ilmu organisasi.

2004

Cover Page

Efisiensi No. 2, Volume IV, Agustus 2004

Efisiensi edisi ini memuat 8 tulisan artikel jurnal yang berkaitan dengan kesekretariatan, komunikasi, administrasi pembangunan, manajemen, ilmu organisasi, dan sumber daya manusia. Tema manajemen lebih detail dibahas terkait dengan manajemen bisnis, manajemen perkantoran, dan manajemen informasi.
Cover Page

Efisiensi No. 1, Volume IV, Februari 2004

Efisiensi volume keempat ini berisi artikel dengan berbagai macam kajian antara lain: sistem analisa administrasi, kehumasan, administrasi pembangunan, manajemen, dan sistem informasi manajemen.

2003

Cover Page

Efisiensi No. 2, Volume III, Agustus 2003

Efisiensi edisi ini memuat 7 ulasan yang semuanya berkaitan dengan informasi teknologi, kualitas layanan, sumber daya manusia, dan teknik pengambilan keputusan.
Cover Page

Efisiensi No. 1, Volume III, Februari 2003

Evisiensi volume  III ini berisi pemikiran serta artikel tentang berbagai masalah di bidang administrasi yang mencakup antara lain: Etika Administrasi, Manajemen, Sumber Daya Manusia, Hubungan Masyarakat, Administrasi.


2001

Cover Page

Efisiensi No. 1, Volume I, Agustus 2001

Jurnal ini merupakan edisi perdana yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial UNY (Mulai 2012 Bergabung dengan Fakultas Ekonomi). Journal ini diterbitkan sebagai wahana pengkajian masalah-masalah administrasi dan manajemen, baik secara teoritik maupun prkatik.