VALIDITAS LKPD DENGAN VARIASI GAMIFICATION BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL: METODE EXPERT JUDGEMENT

Expert Judgement Gamifikasi LKPD Wordwall Gamification

Authors

September 4, 2024
September 24, 2024

Downloads

Abstrak: Validitas LKPD dengan Variasi Gamification berbantuan Aplikasi Wordwall: Metode Expert Judgement. Pendidikan harus meningkatkan upaya penyelarasan teknologi dan manusia untuk membuka peluang baru yang lebih kreatif dan inovatif. Pembelajaran di SMKN 1 Jombang masih menunjukkan kurangnya pemanfaatan bahan ajar sehingga mengakibatkan peserta didik kurang minat dan berfokus belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap validitas produk hasil pengembangan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan variasi gamification berbantuan aplikasi Wordwall. Jenis penelitian pengembangan ini dilakukan dengan metode ADDIE, terfokus pada bagaimana penilaian kelayakan bahan ajar LKPD oleh para ahli, yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD dinilai sangat layak oleh para ahli dengan nilai rata-rata 89%. Penilaian ahli materi 96%, penilaian ahli bahasa 79%, dan penilaian ahli media 92%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar LKPD layak digunakan peserta didik. Bahan ajar yang valid dan layak menurut ahli diharapkan dapat membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Kata kunci: Expert Judgement; Gamifikasi; LKPD; Wordwall;

 

Abstract: Validity of LKPD with Gamification Variations Assisted by Wordwall Application: Expert Judgement Method. Educational institutions must enhance their efforts to integrate technology with human endeavors to foster innovation. At SMKN 1 Jombang, inadequate use of teaching materials has led to a decline in student interest and focus. This study aimed to evaluate the effectiveness of developing Learner Worksheets (LKPD) with gamification features using the Wordwall application. The research employed the ADDIE method to assess the feasibility of these materials from the perspectives of material experts, linguists, and media experts. The findings revealed that the LKPD teaching materials were highly feasible, with an overall expert rating of 89%. Specifically, material experts gave a rating of 96%, linguists 79%, and media experts 92%. The study concluded that the LKPD teaching materials are suitable for student use. These validated and expert-approved materials are expected to help students achieve the desired learning objectives by increasing engagement and focus.

Keyword: Expert Judgement; Gamification; LKPD; Wordwall;