PENGARUH MEDIA KOMUNIKASI DAN MOTIVASI MAHASISWA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

media komunikasi motivasi mahasiswa minat mahasiswa program kreativitas mahasiswa communication media student motivation student interests student creativity program

Authors

January 3, 2025
January 5, 2025

Downloads

Abstrak: Pengaruh Media Komunikasi dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Minat Mengikuti Program Kreativitas MahasiswaProgram Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program yang memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komunikasi dan motivasi mahasiswa terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengikuti PKM.  

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 348 mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Ekonomi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 22. Berdasarkan uji t, media komunikasi dan motivasi mahasiswa berpengaruh positif, dimana t hitung > t tabel. Pada uji F menunjukkan bahwa kedua variabel dependen (media komunikasi dan motivasi mahasiswa) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PKM. Kedua variabel memberikan kontribusi sebesar 57,6% dalam mempengaruhi minat mahasiswa dalam mengikuti PKM, sedangkan 42,4% -nya dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata kunci: media komunikasi; motivasi mahasiswa; minat mahasiswa; program kreativitas mahasiswa (PKM)



Abstract: The Influence of Communication Media and Student Motivation on Interest in Participating in Student Creativity Programs

 The Student Creativity Program (PKM) is a program that provides a forum for students to develop creativity. This study aims to determine the effect of communication media and student motivation on the interest of students of the Faculty of Economics (FE) Yogyakarta State University to take part in PKM. This study used a quantitative method with a total of 348 students from various majors in the Faculty of Economics. The analytical tool used is multiple linear regression with the SPSS 22 application. Based on the t test, communication media and student motivation have a positive effect, where t count > t table. The F test shows that the two dependent variables (communication media and student motivation) have a positive and significant effect on interest in participating in PKM. The two variables contribute 57.6% in influencing student interest in participating in PKM, while 42.4% is influenced by other factors.


Keywords: communication media; student motivation; student interests; student creativity program (PKM)