Menumbuhkan Minat Meneliti Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas

Sugi Rahayu, , Indonesia

Abstract


Masalah pendidikan di sekolah terjadi karena guru belum memiliki cukup kecakapan dalam memecahkan masalah. Guru orang yang paling berkepentingan dan paling mungkin untuk menemukan masalah dan berusaha memecahkannya sehingga pembelajaran berlangsung secara optimal. Salah satu upaya yang dilakukan untuk ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) salah satu jenis penetitian yang sangat bermanfaat untuk menggali masa!ah,mencan alternative pernecahan masalah, memberikan tindakan yang tepat, dan merefleksi hasil tindakannya sekaligus digunakan untuk peningkatan kualitas diri. PTK dilaksanakan sebagai suatu upaya meningkatkan efisiensi dan kualitas pendidikan,terutama proses dan hasil belajar siswa pada level kelas. PTK juga berguna bagi guru untuk menguji suatu teori pembelajaran. Melalui PTK guru dapat memilih dan menerapkan teori atau strategi pembelajaran yang paling sesuai dengan kondisi kelasnya. Dengan demikian, PTK adalah bentuk penelitian yang secara langsung dapat dimanfaatkan oleh guru. Minat meneliti di kalangan guru perlu ditumbuh-kembangkan. Kemauan untuk belajar merupakan daya dorong yang kuat dan dalam diri guru. Penelitian merupakan kegiatan yang memiliki makna penting bagi seorang guru. Minat meneliti akan bertumbuh apabila ada dukungan dari luar din guru, yaitu perhatian dari berbagai pihak terkait untuk meningkatkan kemampuandan kualitas meneliti guru, misalnya mengadakan pelatihan penelitian dan memberikan kesempatan (khususnya pendanaan) kepada guru untuk melakukan penelitian.



Keywords


minat meneliti; penefitian tindakan kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v7i2.3919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...