PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

mind mapping kemampuan berpikir kritis covid-19

Authors

October 5, 2022
October 23, 2022

Downloads

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan tes kemampuan berpikir kritis pada siklus pertama memperoleh capaian sebesar 48% peserta didik yang lulus dengan nilai rata-rata kelas adalah 80,65. Hal ini menunjukkan kenaikan sebesar 26% bila dibandingkan dengan tes pratindakan dimana capaian peserta didik yang lulus adalah sebesar 22% dengan nilai rata-rata kelas adalah 70,65. Kemudian pada siklus kedua kembali terjadi peningkatan dan mampu melampaui target capaian yang diharapkan dimana sebesar 78% peserta didik dinyatakan lulus dan nilai rata-rata kelas adalah sebesar 91,3. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

 

 

Kata kunci: mind mapping; kemampuan berpikir kritis; covid-19; pembelajaran daring; zoom meeting

 

 

Abstract: Application of Mind Mapping Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Abilities. This study aims to determine whether the application of the mind mapping learning model can improve students' critical thinking abilities. This study is a Classroom Action Research (CAR) in 2 cycles. The result of this study showed that the critical thinking ability test in the first cycle obtained an achievement of 48% of students who passed with an average grade was 80.65. this shown an increase of 26% when compares to the pre-action test where the achievement of students who passed was 22% with an average grade was 70.65. then in the second cycle there was an increase again and was able to exceed the expected achievement target where 78% of students passed and the class average was 91.3. based on the result of the study, it can be concluded that mind mapping learning model can improve students' critical thinking abilities.

 

Keyword: mind mapping; critical thinking abilities; covid-19; online learning; zoom meeting