PENGARUH PENGETAHUAN DAN ORIENTASI RELIGIUS TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH ISLAMIC MINI BANK FE UNY

 Isroah Isroah, Mimin Nur Aisyah, Amanita Novi Yushita

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pengetahuan tentang konsep perbankan syariah terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY; 2) Pengaruh pengetahuan tentang produk IMB terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY; 3) Pengaruh orientasi religius terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY; 4) Pengaruh pengetahuan tentang prinsip dan konsep perbankan syariah, pengaruh pengetahuan tentang produk IMB, serta pengaruh orientasi religius secara bersama-sama terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan tentang prinsip dan konsep perbakan syariah berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY (koef 0,317; sig 0,045); 2) Pengetahuan tentang produk IMB berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY (koef 0,556; sig 0,0002); 3) Orientasi religius tidak secara signifikan mempengaruhi minat untuk menjadi nsabah IMB (koef 0,114, sig 0,171); dan 4) Pengetahuan tentang prinsip dan konsep perbankan syariah, pengetahuan tentang produk IMB, dan orientasi religius secara simultan berpengaruh positif terhadap minat menjadi nasabah IMB FE UNY (koef 0,109; 0,472; 0,071 dan sig 0,014)


Kata kunci : pengetahuan konsep perbankan syariah, pengetahuan produk, orientasi, religius, Islamic Mini Bank (IMB)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v14i1.16477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                        
 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.