Kiat Penambahan Kemampuan Lulusan untuk Menembus Pasar Kerja Administrasi Perkantoran

 KI Ismara

Abstract


Permasalahan utama yang dihadapi oleh para lulusan dewasa ini,kelihatannya lebih berat dari pada permasalahan saat kuliah. Kesempatan kerja administrasi di perkantoran sebenarnya terbuka sangat luas, masalah selanjutnya adalah karakteristik suplay sumber daya lulusan yang ada tidak sesuai dengan need and demand pasar kerja perkantoran. Terutama terkait dengan bagaimana lulusan dapat memenangkan persaingan pasar kerja perkantoran yang sesuai dengan minat, bakat dan keunggulan masing­ masing.

Jalan keluar yang paling tepat unluk mengatasi hal di atas adalah dengan memperkenalkan proses rekruitment,seleksi dan job hunting sedini mungkin kepada mahasiswa. Diimbangi dengan proses pengenalan bakat, minat, personalitas, kelebihan dan kekurangan diri masing-masing mahasiswa, melalui bantuan pendidik dari setiap mata kuliah. Berdasarkan penelitian terhadap 9 perguruan tinggi negeri dan swasta di DIY. yang dipilih dengan purposive incidental sampling. menunjukkan hanya ada 3 perguruan tinggi yang benar-benar memperhatikan hal ini, dan terbukti cukup memiliki market share lulusan yang baik.

Implemenlasinya adalah mengkoordinasikan dan mengintegrasikan hal tersebut di atas dalam tahapan proses belajar mengajar secara sinkron,
simpel, sinergi dengan pendekatan yang simpatik. Konsekuensinya hiden curriculum juga harus didesain untuk mendukung hal tersebut. Pendekatan proses belajar mengajar yang didukung dengan multimedia dan multi metoda yang digunakan pendidik perlu mengalami perubahan. Dalam tahapan proses belajar mengajar, pendidik dapat menyampaikan dengan jelas setiap sub kompetensi (knowledge, skill and atittude) dari setiap sub materi ajar yang dikaitkan dengan proses rekruitmen dan seleksi yang relevan dengan muatan kompetensi total mata kuliah dan macthing dengan job analisys. Dengan demikian dalam perkuliahan sudah dapat diintegrasikan juga perencanaan masa depan peserta didik dalam pengembangan karier.

Kata kunci: pasar kerja, rekruitmen, keunggulan lulusan, PBM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v6i1.3828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                        
 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.