ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MELALUI LMS BESMART PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 PENGASIH

Analisis Kemandirian Belajar Siswa LMS Besmart Korespondensi Analysis Student Learning Independence Besmart LMS Correspondence

Authors

January 4, 2025
January 5, 2025

Downloads

Abstrak: Analisis Kemandirian Belajar Siswa dengan Pembelajaran Melalui LMS Besmart pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Pengasih. 

Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran melalui LMS besmart pada Mata Pelajaran Korespondensi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 72 siswa yang terdiri dari 2 kelas X OTKP SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Pelajaran 2021/2022. Analisis dilakukan dengan uji normalitas, statistik deskriptif, dan rekapitulasi angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa melalui e-learning besmart berada pada tingkat sangat tinggi dengan rata-rata nilai sebesar 86,22. Artinya pemanfaatan e-learning besmart efektif untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa sehingga dapat menjadi solusi keterbatasan waktu belajar di kelas.


Kata kunci: Analisis; Kemandirian Belajar Siswa; LMS Besmart; Korespondensi



Abstract: Analysis of Student Learning Independence through Besmart LMS in Correspondence Subjects at SMK Negeri 1 Pengasih. 

Learning independence is one of the key factors in academic success. This study aims to determine the level of student learning independence when using Besmart LMS in Correspondence subjects. The research employs an ex-post facto design with a quantitative descriptive method. The population of this study consists of 72 students from two 10th-grade OTKP classes at SMK Negeri 1 Pengasih for the 2021/2022 academic year. The analysis includes normality tests, descriptive statistics, and questionnaire recapitulation. The results indicate that students' learning independence through the Besmart e-learning platform is at a very high level, with an average score of 86.22. This suggests that the utilization of the Besmart e-learning platform is effective in fostering students' learning independence, making it a viable solution to overcome classroom time limitations.

 

Keyword: Analysis; Student Learning Independence; Besmart LMS; Correspondence