PKL SAAT PANDEMI COVID-19, APAKAH MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA?: SOFT SKILL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Praktik Kerja Lapangan (PKL) kesiapan kerja soft skill Field Work Practices (PKL) work readiness

Authors

January 4, 2025
January 5, 2025

Downloads

Abstrak: PKL saat Pandemi Covid-19, Apakah Mempengaruhi Kesiapan Kerja?: Soft Skill sebagai Variabel Mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa dengan soft skill sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto dan desain penelitian kausal komparatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Jurusan OTKP tahun ajaran 2021/2022 SMK Negeri 1 Purbalingga yang berjumlah 141 siswa. Jumlah sampel penelitian ditentukan menggunakan tabel Isaac dan Michael dan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan PKL terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 7,6%; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan PKL terhadap soft skill siswa sebesar 49,2%; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan soft skill terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 38,7%; 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan PKL melalui soft skill sebagai variabel mediasi terhadap kesiapan kerja siswa dengan pengaruh tidak langsung sebesar 0,66534 lebih besar dari pengaruh langsung sebesar 0,356.


Kata kunci: Praktik Kerja Lapangan (PKL); kesiapan kerja; soft skill


Abstract: PKL during the Covid-19 Pandemic, Does it Affect Work Readiness?: Soft Skills as a Mediating Variable. This study aims to determine the effect of field work practices on student work readiness with soft skills as a mediating variable. This research is quantitative with an ex post facto approach and a comparative causal research design. The research subjects were class XII students of the OTKP Department for the 2021/2022 academic year of SMK Negeri 1 Purbalingga, a total of 141 students. The number of research samples was determined using the Isaac and Michael tables and the Porportional Random Sampling technique. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique are simpe regression analysis, path analysis, and the sobel test. The results of this study indicate that: 1) there is a positive and significant effect of field work practices on student work readiness of 7,6%; there is a positive and significant effect of field work practices on student soft skill of 49,2%; 3) there is a positive and significant effect of soft skills on student work readiness of 38,7%; 4) there is a positive and significant effect of field work practices through soft skills as a mediating variable on student work readiness with an indirect effect of 0,,66534 greater than a direct effect of 0,356.


Keyword: Field Work Practices (PKL); work readiness; soft skill