Reformasi Administrasi Negera

 Budiman Budiman

Abstract


Sistem administrasi negara yang diterapkan di Indonesia merupakan adaptasi dari sistem adminisitrasi peninggalan kolonial. Sistem administrasi yang ada menghasilkan sebuah organisasi birokrasi yang kurang teroganisir, cenderung korup aparatnya tidak bertindak inovatif dan kurang dinamis.

Seiring dengan perubahan yang terjadi dalam masyarakat, masyarakat semakin kritis terhadap pemerintah, mengharuskan birokrasi pemerintah harus melakukan perombakanterhadap sistem administrasi yang ada. Kebutuhan akan perubahan dan adaptasi aparatur pemerintah melalui reformasi administrasi negara merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus menjadi perhatian utama pemerintah negara yang sedang berkembang. Reformasi Administrasi Negara semakin penting artinya bagi terlaksananya kebijaksanaan dan rencana pembangunan.

Dengan adanya reformasi administrasi akan menghasilkan sebuah pemerintahan wirausaha yang landasan kerjanya adalah visi dan misi dan memberikan ruang gerak yang lebih Iuas bagi inovasi aparat birokrasi dan partisipasi warga negara dalam setiap proses pengambilan keputusan/kebijakan.

Kata Kunci: reformasi, administrasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v5i2.3854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                        
 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.