MEMBACA REALITAS BULLYING DI SEKOLAH : TINJAUAN MULTIPERSPEKTIF SOSIOLOGI

Authors

  • Ariefa Efianingrum Jurusan Teknologi Kebijakan Pendidikan, FIP, UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i2.32584

Keywords:

bullying di sekolah, perspektif sosiologis

Abstract

Bullying merupakan jenis kekerasan spesifik yang seringkali hadir tanpa disadari
dalam suatu relasi sosial. Bullying dapat terjadi dalam berbagai konteks,
termasuk di dalam sistem persekolahan. Intensitas bullying di sekolah menunjukkan
peningkatan dengan jenis yang semakin beragam, seperti verbal bullying, physical
bullying, sexual bullying, emosional bullying, dan cyber bullying. Dalam perspektif
sosiologi,  tidak  ada  jawaban  tunggal  dalam  menjelaskan  realitas  sosial  karena
sosiologi merupakan ilmu sosial berparadigma ganda. Demikian juga dalam
menjelaskan realitas bullying di sekolah. Tulisan ini mencoba mengurai tentang
bullying di sekolah dalam multiparadigmatik sosiologi, yaitu paradigma determinisme
struktur (makro objektif), determinisme agen (mikro subjektif), dan pemaduan
(kontinum) di antara keduanya. Tinjauan tentang  bullying di sekolah ini penting
dilakukan supaya penjelasannya tidak parsial sehingga dapat memberikan
pemahaman yang lebih komprehensif. Pilihan teoretik tersebut memiliki implikasi
metodologis yang selanjutnya diharapkan bermuara pada ditemukannya solusi yang
tepat. Langkah solutif untuk prevensi dan mengatasi bullying perlu dilakukan untuk
mengembangkan relasi sosial menjadi lebih harmonis dan humanis.

Downloads

Published

2020-06-19