MEMBACA REALITAS BULLYING DI SEKOLAH : TINJAUAN MULTIPERSPEKTIF SOSIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i2.32584Keywords:
bullying di sekolah, perspektif sosiologisAbstract
Bullying merupakan jenis kekerasan spesifik yang seringkali hadir tanpa disadaridalam suatu relasi sosial. Bullying dapat terjadi dalam berbagai konteks,
termasuk di dalam sistem persekolahan. Intensitas bullying di sekolah menunjukkan
peningkatan dengan jenis yang semakin beragam, seperti verbal bullying, physical
bullying, sexual bullying, emosional bullying, dan cyber bullying. Dalam perspektif
sosiologi, tidak ada jawaban tunggal dalam menjelaskan realitas sosial karena
sosiologi merupakan ilmu sosial berparadigma ganda. Demikian juga dalam
menjelaskan realitas bullying di sekolah. Tulisan ini mencoba mengurai tentang
bullying di sekolah dalam multiparadigmatik sosiologi, yaitu paradigma determinisme
struktur (makro objektif), determinisme agen (mikro subjektif), dan pemaduan
(kontinum) di antara keduanya. Tinjauan tentang bullying di sekolah ini penting
dilakukan supaya penjelasannya tidak parsial sehingga dapat memberikan
pemahaman yang lebih komprehensif. Pilihan teoretik tersebut memiliki implikasi
metodologis yang selanjutnya diharapkan bermuara pada ditemukannya solusi yang
tepat. Langkah solutif untuk prevensi dan mengatasi bullying perlu dilakukan untuk
mengembangkan relasi sosial menjadi lebih harmonis dan humanis.
Downloads
Published
2020-06-19
Issue
Section
Articles
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).