Baby Boom dalam Perspektif Demografis dan Sosiologis

Meidawati Suswandari, Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo
MS. Khabibur Rahman, Pendidikan Geografi-Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Baby Boom dalam perspektif Demografis dan Sosiologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dikumpulkan dari berbagai informasi baik dari media cetak (buku), maupun dalam jejaring (online internet. Selain itu, data yang terkumpul tersebut kemudian dianalisis, dipilih, dipilah dan disusun ulang menjadi suatu sajian yang mampu memberikan gambaran memadai tentang Baby Boom dalam Perspektif Demografis dan Sosiologis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Baby Boom yang merupakan terjadinya ledakan jumlah kelahiran pada masa pandemi COVID-19 ini dapat dikaji dalam dua ranah, yaitu Perspektif Demografis dan Perspektif Sosiologis. Perspektif Demogratis memberikan makna bahwa COVID-19 yang berdampak pada Baby Boom ini adalah dipicu oleh faktor geografis dan struktur kependudukan. Perspektif Sosiologis memberikan makna bahwa COVID-19 yang berdampak pada Baby Boom ini adalah intentitas pasangan suami istri lebih intens di rumah dan apabila program KB tidak dilaksanakan yang akan berdampak kehamilan tidak direncanakan.

Keywords


Baby Boom, Demografis, Sosiologis, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. S., Pitoyo, A. J., & Pangaribowo, E. H. (2018). Ketidaktercapaian Bonus Demografi: Pembelajaran dari Sumatera Barat. Populasi, 26(1), 1. https://doi.org/10.22146/jp.38685

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Halim, F. (2015). Hukum dan Perubahan Sosial. Jurnal Al-Daullah, 4(1), 107–115.

Hasanuddin, A & Purwandi, L. (2020). Indonesia 2020: The Urban Middle-Class Millennials.

Lubis, B., & Mulianingsih, S. (2019). Keterkaitan bonus demografi dengan teori generasi. Jurnal Registratie, 1(1), 21–36.

Marpaung, E. W. (2020). Pandemi COVID-19 : Dampak Sosial-Ekonomi , Tantangan , dan Potensi Solusi PANDEMI COVID-19. Jurnal UI, 1(1)(May), 1–15. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35252.68483

Mayasari, S., & Husin, A. (2014). Remaja Genre: Peluang Menuju Bonus Demografi. Demography Journal of Sriwijaya, 1(2), 4–8. https://www.neliti.com/publications/181646/remaja-genre-peluang-menuju-bonus-demografi

Nurwati, S. N. S. & N. (2004). Dampak COVID-19 terhadap Tenaga Kerja di Indonesia. 03, 345–351.

Permatasari, A. N., Inten, D. N., Wiliani, W., & Widiyanto, K. N. (2020). Keintiman Komunikasi Keluarga saat Social Distancing Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577

Putri, R. . (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705–709. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010

Quraisy, H., & Tola, S. F. (2017). Dinamika Sosial Kehidupan Pengusaha Warung Makan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3(2), 136–146. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v3i2.284

Radhitya, T. V., Nurwati, N., & Irfan, M. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 111. https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29119

Suartha, N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingginya Laju Pertumbuhan Dan Implementasi Kebijakan Penduduk Di Provinsi Bali. Piramida, 12(1), 1–7.

Suswandari, M. (2017). Konstruksi Dialek Banyumasan Di Universitas Sebelas Maret. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 257-267.

Suswandari, M. (2019). Cooperative Learning: Strategi Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Indonesia. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(01), 16-24.

Wulandari, A., Rahman, F., Pujianti, N., Sari, A. R., Laily, N., Anggraini, L., Muddin, F. I., Ridwan, A. M., Anhar, V. Y., Azmiyannoor, M., & Prasetio, D. B. (2020). Hubungan Karakteristik Individu dengan Pengetahuan tentang Pencegahan Coronavirus Disease 2019 pada Masyarakat di Kalimantan Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), 42. https://doi.org/10.26714/jkmi.15.1.2020.42-46

Yanti, N. P. E. D., Nugraha, I. M. A. D. P., Wisnawa, G. A., Agustina, N. P. D., & Diantari, N. P. A. (2020). Gambaran Pengetahuan Masyarakat tentang Covid-19 dan Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, Vol. 8 No.(3), 485–490.

Stahl, C. (2020, March 22). Live Blog / Coronavirus updates: Global cases top 300.000, John Hopkins University reports. Retrieved from NBC News: https://www.nbcnews.com/health/health-news/live-blog/coronavirus-updates-over-80-million-americans-undervirtual-lockdown-china-n1165876

https://fixmakassar.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-57901482/update-covid-19-senin-2-november-2020-tingkat-kematian-di-indonesia-capai-52-per-1-juta-penduduk

https://mediaindonesia.com/editorials/detail_editorials/1999-waspadai-baby-boom

https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/309951/pandemi-covid-19-bisa-picu-baby-boom).

BKKBN. 2017. Bonus Demografi. (Online). Tersedia di https://www.bkkbn.go.id/detailpost/bonus-demografi-meningkatkan-kualitas- penduduk-melalui-keluarga.

https://republika.co.id/berita/nasional/umum/12/02/16/lzh59m-baby-boom-bakal-terjadi-pada-2020.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i1.41053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Meidawati Suswandari, MS.Khabibur Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           


Suported by:

RJI Main logo


Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/deed.id. 

View My Stats