Kultur Sekolah Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa di SMA Angkasa Adi Sutjipto Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v8i2.36368Keywords:
Kultur Sekolah, DisiplinAbstract
References
Aman, A. Sudrajat, A. & Yuliana, L. (2018). Effectiveness of social problem solving model in improving social skills of transvestites in the special regions Yogyakarta. Journal of Social Studies (JSS), 14(1). 1-12. https://doi.org/10.21831/jss.v14i1.21159
Astuti Dwi, Albertin. (2015). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di SMA 3 Klaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Benaziria, B., & Murdiono, M. (2019). Civic teacher strategy in the integration of nationalism and tolerance character in school based on pesantren in Yogyakarta city. Journal of Social Studies (JSS), 15(1). 13-34. https://doi.org/10.21831/jss.v15i1.25227.
Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Efianingrum, A. (2013). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi. Volume 2 No. 1, 2013. https://jurnal.ugm.ac.id/jps/article/view/23404/pdf.
Ehiane, O. Stanley. (2014). Discipline and Academic Performance (A Study of Selected secondary Schools in Lagos, Nigeria. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development. January 2014, Vol. 3, No. 1 ISSN: 2226-6348. http://dx.doi.org/10.6007/IJARPED/v3-i1/758
Febriyanti, R. (2015). Perilaku Kedisiplinan Siswa Kelas X Selama Proses Pembelajaran Ilmu Gizi Di SMK N 3 Wonosari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hanum, F. (2013). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Pontianak: Perpustakaan Nasional.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Kharis, A., Sudharto, & Yuliejantiningsih, Y. (2016). Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Berprestasi Terhadap Mutu Sekolah Dasar Negeri di UPTD Pendidikan Kecamatan Kabupaten Brebes. Journal UPGRIS.
Kurniawan, F. (2017). Analisis Penerapan Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di Kelas III SD N 2 Blunyahan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta .
Kurniawan, F. (2010). Analisis Penerapan Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Kelas III SD N 2 Blunyahan. Yogyakarta: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniawati, A. (2016). Pengaruh Iklim dan Budaya Sekolah Terhadap Sikap Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Journal Kultur Demokrasi.
Martono, N. (2014). Sosiologi Pendidikan Michel Foucalt: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuma, dan Seksualitas. Jakarta: Rajawali Pers.
Maslowski, Ralf. (2015). School Culture and School Performance. Journal of Educational Administration. https://www.researchgate.net/publication/235300819
Maulina, I. (2017). Kultur Akademik di Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara Magelang. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nasution. (2014). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngila, Winnie Muthoni. (2017). Student Emotional Intelligence and Self Discipline in Secondary Schools in Kenya. Journal of Research Innovation and Implications in Education (JRIIE) Vol. 1(3) pp. 82 -95, June 2017. Online ISSN: 2520-7504. http://jriie.com/index.php/JRIIE/index
Ningsih, I. R. (2015). Peran Kultur Sekolah Dalam Meminimalisasi Kenakalan Remaja Di Man Yogyakarta III. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ohlson, Matthew; Swanson, Anne ; Adams, Andrea ; Byrd, Anna. (2016). A Culture of Success"”Examining School Culture and Student Outcomes via a Performance Framework. Journal of Education and Learning; Vol. 5, No. 1; 2016 ISSN 1927-5250 E-ISSN 1927-5269 Published by Canadian Center of Science and Education. http://dx.doi.org/10.5539/jel.v5n1p114
Sari, N. W., & Hanum, M.Si, P. F. (2017). Peran Kultur Sekolah Dalam Membangun Prestasi Siswa Di MAN 1 Yogyakarta. Journal Pendidikan Sosiologi. https://eprints.uny.ac.id/53139/6/JURNAL%2013413241013.pdf
Sari, P. N. (2017). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah yang Religius di SD Aisiyah Unggulan Gomolong Tahun 2017. Jurnal Pendidikan, 2.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Susilo, J.M. (2016). Strategi Menciptakan Budaya Sekolah Yang Kondusif Melalui Paradigma Sekolah Unggul Muhammadiyah. Yogyakarta: Jurnal Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education)
Trisnawati, D. D. (2013). Membangun Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SMA Khadijah Surabaya melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Nomor 1 Volume 2 Tahun 2013.
Tuloli, J., & Ismail, D. E. (2016). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.
Zamroni. (2013). Manajemen Pendidikan suatu Usaha Meningkatkan Mutu Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).