SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KINERJA GURU SOSIOLOGI DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i1.3427Abstract
Kualitas kegiatan belajar mengajar antara lain dipengaruhi oleh guru, kualitas ini tidak lepas dari pemantauan para supervisor. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan KBM maka perlu perlu mendapat perhatian dari supervisor melalui supervisi akademik yang dilakukan secara berkala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peningkatan kinerja guru sosiologi, kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan supervisi serta upaya yang dilakukan akan kendala supervisi akademik yang dihadapi diseluruh SMA Negeri kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah guru sosiologi di SMA Negeri 1 Bengkulu, SMA Negeri 2 Bengkulu, dan SMA Negeri 4 Bengkulu.Cara pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi langsung selama proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara selama wawancara berlangsung serta pencatatan dokumen yang mendukung penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan cara proposive sampling yaitu bahwa sampling tidak mewakili populasi tetapi informasinya. Sedangkan uji validitas data menggunakan tringulasi, yaitu tringulasi sumber, tringulasi metode dan tringulasi teori. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dari Milles dan Hubberman yaitu redukusi data, sajian data, dan vertifikasi/penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru sosiologi. Ini dapat dilihat dari penyusunan program pengajaran yaitu terlihat pada penggunaan metode yang bervarian pada proses pembelajaran, evaluasi belajar dan analisis evaluasi belajar serta penyusunan program perbaikan yaitu dengan tersedianya buku penilaian untuk melihat kemajuan belajarnya, sehingga hal ini menjadi perbaikan bagi guru sosiologi untuk memperbaiki kinerjanya kedepan. Kendala-kendala yang dihadapi pada pelaksanaan supervisi akademik yaitu kurangnya supervisi yang dilakukan oleh pengawas Diknas, keterbatasan waktu kepala sekolah untuk mensupervisi guru sosiologi, kurangnya guru senior/sejawat untuk membantu kepala sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik serta kurangnya dana dalam RAPBS untuk pelaksanaan supervisi akademik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pada supervisi akademik yaitu diskusi antar kepala sekolah/guru senior dengan guru sosiologi yang bersangkutan serta kerjasama sekolah dengan pengawas Diknas.
Kata Kunci: Akademik, Supervisi, Kinerja
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).