KESIAPAN KERJA SISWA PROGRAM AKUNTANSI PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Beny Dwi Saputra, Economic Education Department, Postgraduate Program, Yogyakarta State University, Indonesia
Sukirno Sukirno, FE Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara individual dan simultan prestasi belajar akuntansi komputer, kompetensi pedagogik guru, lingkungan sekolah, dan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa Program Keahlian Akuntansi SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan sasaran siswa kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel sebanyak 207 siswa dipilih dari lima sekolah mewakili lima wilayah di Yogyakarta dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi komputer, kompetensi pedagogik guru, lingkungan sekolah, dan praktik kerja industri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan sumbangan efektif sebesar 47,9%. Banyak faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja seorang siswa. Kesiapan kerja dapat dipengaruhi dan dibentuk oleh pengalaman. Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja yaitu lingkungan sekolah, kompetensi pedagogik guru yang mengajar dan keberhasilan mereka dalam praktik kerja industri.

WORK READINESS OF ACCOUNTING PROGRAM STUDENTS AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL

This study was aimed at determining the influence of individual and simultaneous computer accounting learning achievement, teacher pedagogical competence, school environment and industrial work practices on work readiness of the students of vocational accounting expertise program in Yogyakarta. This study was a causal associative research, with the students of class XII in the Accounting Skills Program of Vocational School in Special Region of Yogyakarta in the academic year 2018/2019 as the research subject. The sample of 207 students were selected from five schools representing five regions in Yogyakarta using purposive sampling technique. Questionnaires and documentation were used as the data collection techniques. The data were then analyzed using the multiple regression analysis method. The results show that computer accounting learning achievement, teacher pedagogical competence, school environment and industrial work practices had a positive and significant effect on student work readiness with an effective contribution of 47.9%. Many factors affect a person’s work readiness. Work readiness can be influenced and shaped by the experience. Whereas environmental factors that can affect work readiness are the school environment, the pedagogical competence of the teachers and their success in industrial work practices.


Keywords


kesiapan kerja, prestasi belajar, kompetensi pedagogik, praktik kerja industri

Full Text:

PDF

References


Alfan, M. Z. (2014). Pengaruh bimbingan karir dan lingkungan sekolah melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 114-123.

Asmani, J. M. (2009). 7 kompetensi guru menyenangkan dan profesional. Yogyakarta: Power Books.

Badan Pusat Statistik Provinsi D.I. Yogyakarta. (2015). Angka pencari kerja yang belum ditempatkan tahun 2015. Dunduh dari http://yogyakarta.bps.go.id// pada tanggal 4 April 2018.

Badan Pusat Statistik. (2016). Tingkat pengangguran. Diunduh dari http://www.bps.go.id// pada tanggal 15 Mei 2017.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.

Boulianne, E. (2014). Impact of accounting software utilization on students knowledge acquisition: An important change in accounting education. Jurnal of Accounting and Organizational Change, 10(1), 22-48.

Chen, T., & Shen, C. (2012). Leisure, sport & tourism education today’s intern, tomorrow’s practitioner? - The influence of internship programmes on students’ career development in the hospitality industry. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 11(1), 29-40. doi.org/10.1016/j.jhlste.2012.02.008.

Conley, D. T. (2013). Getting ready for college, careers, and the common core: What every educator needs to know. Malden, MA: John Wiley & Sons

Evans, S. G., Davis, J., & Wheeler, M. (2017). An analysis of school-to-work readiness (Doctoral dissertation). Saint Louis University, Saint Louis.

Hadam, S. Rahayu, N., & Ariyadi, A, N. Strategi implementasi revitalisasi SMK (10 langkah revitalisasi SMK). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Me-nengah Kejuruan, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hampf, F., & Woessmann, L. (2017). Vocational vs. general education and employment over the life cycle: New evidence from PIAAC. CESifo Economic Studies, 63(3), 255-269.

Jollands, M., Jolly, L., & Molyneaux, T. (2012). Project-based learning as a contributing factor to graduates’ work readiness, European Journal of Engineering Education, 37(2), 143-154.

Lestari, Y. A., & Purwanti, M. (2018). Hubungan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian pada guru sekolah nonformal X. Jurnal Kependidikan, 2(1), 197-208.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK. Jakarta: Kemdikbud.

Oluwale, B. A., Jegede, O. O., & Olamade, O. O. (2013). Technical and vocational skills depletion in Nigeria and the need for policy intervention. International Journal of Vocational and Technical Education, 5(6), 100-109.

Presiden Republik Indonesia. (2005). Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Schwab, K. (2018, December). The global competitiveness report 2018. Dalam World Economic Forum (pp. 9-14). Geneva.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciu, A. I., & Mata, L. (2011). Pedagogical competences–the key to efficient edu-cation. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 411-423.

Suryani, I. (2013). Pengaruh penggunaan informasi akuntansi manajemen dan desentralisasi terhadap kinerja manajerial (Survei pada Dealer Mobil Kota Jambi). e-Jurnal Binar Akuntansi, 2(1).

Suyitno, I., Kamal, M., Sunoto, & Suherjanto, I. (2016). Teknik pembelajaran observasi lingkungan berbasis kearifan lokal. Jurnal Kependidikan, 46(1). 14-28.

Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Triwahyuni, H., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh prakerin, prestasi akademik mata diklat produktif akuntansi, dan pemanfataan bank mini terhadap kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 58-71

Walker, A., Yong, M., Pang, L., Fullarton, C., Costa, B., & Dunning, A. M. T. (2013). Nurse education today work readiness of graduate health professionals. YNEDT, 33(2), 116–122. doi.org/10.1016/j.nedt.2012.01.007.

Widyatmoko, Y. (2014). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogya-karta (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Valid, Y. M., & Taman, A. (2013). Pengaruh pengalaman praktik industri dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1), 161-183.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.24651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

Flag Counter