PENGARUH MODEL PBM BERBANTUAN MEDIA CERITA DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Poni Ariramdani Fariansyah, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
I Wayan Santyasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
Ni Ketut Rapi, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (MPBM) berbantuan media cerita digital terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperiment menggunakan desain one way non-equivalent pretest-posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Singaraja dengan total populasi sebanyak 165 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan random assignment. Terdapat 3 kelas sampel dari 5 kelas yang ada. X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 1, X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 2, dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian mengungkapkan hasil rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan MPBM berbantuan media cerita digital lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan MPBM dan siswa yang belajar dengan MPK. Hal ini mengindikasikan model PBM berbantuan media cerita digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar fisika siswa.

 

IMPACTS OF DIGITAL STORY-BASED PROBLEM-SOLVING LEARNING MODEL ON STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT OF PHYSICS

This study is aimed at finding out the impacts of digital story-based problem-solving learning model (PSLM) on students’ learning achievement in physics learning. The study is a quasi-experiment research method using the one way non-equivalent pretest-posttest control group design. The population of the study consisted of 165 grade-X students of Physics of State Senior High School 2 Singaraja. A sample of 100 students were selected by way of random assignment. Class X Physics 2 was experiment group 1; class X Physics 3 was experiment group 2; and class X Physics 4 was the control group. Data were analysed by the descriptive analysis and one-way ANCOVA. Findings show that the mean average of the achievement scores of the students who attended the classes with PSLM is higher than that of students who attended the conventional class. This shows that the digital story-based problem-solving learning model has a positive impact on the students’ physics learning achievement.



Keywords


pembelajaran berbasis masalah, media cerita digital, prestasi belajar fisika

References


Aktas, E., & Yurt, S.U. (2017). Effect of digital story on academic achieve ment, learning motivation, and retention among university student. International Journal of Higher Education, 6(1), 180-196. Diunduh dari: http://www.sciedu.ca/journal/index.php/ijhe/article/view/10679.

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati. (2016). Pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari sikap ilmiah siswa kelas x mipa sman 1 mataram. Journal Pendidi kan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86-94. Diunduh dari: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/download/294/287.

Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan keefektifan PBL bersetting TGT dan GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan ber pikir kreatif, dan toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55-65. Diunduh dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/9684/8135.

Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan. (2016). Pengaruh model PBL berbantuan media virtual terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129-135. Diunduh dari: https://media.neliti. com/media/publications/119673-ID-pengaruh-model-pbl-berbantu anmediavirt.pdf.

Jauhari, T., Hikmawati, & Wahyudi. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media phet terhadap hasil belajar fisika siswa kelas x sman 1 gunung sari tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 7-12. Diunduh dari: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/282/275

Kemendikbud. (2014). Lampiran peratu ran menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kotluk, N., & Kocakaya, S. (2017). The effect of creating digital storytelling on secondary school student’s academic achievement, self efficacy perceptions, and attitudes toward physics. International Journal of Research in Education and Science, 3(2), 218-227. Diunduh dari: http://dergipark.ulakbim.gov.tr/ijres/article/view/5000207620/5000179719.

Kurniawan, W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ppkn. Jurnal Civics, 14(1), 10-22. Diunduh dari http://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/14558.

Listiawati, W., Gunawan, & Sutrio. (2015). Pengaruh penerapan model pem belajaran berbasis masalah ber bantuan simulasi interaktif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas viii smpn 1 pujut tahun pelajaran 2013/ 2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 82-86. Diunduh dari: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/239/235.

Mairani, E., & Simatupang, S. 2018. Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar ranah kognitif tingkat tinggi siswa pada materi suhu dan kalor kelas x semester ii sma negeri 5 tanjung balai t.p 2016/1017. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 16-25. Diunduh dari: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9488.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143. Diunduh dari: https://journal.uny. ac.id/index.php/jpv/article/view/2540.

Omaga, J. O., Iji, C. O., & Adeniran, S. A. (2017). Effect of problem-based learning approach on secondary school student’s interest and achievement in electricity in bauchi state, nigeria. Journal of Science, Technology & Education, 5(1), 63-70. Diunduh dari: http:// www.atbuftejoste.com/index.php/joste/article/view/326/pdf225.

Rahayu, R., & Laksono E.W. (2015). Pengembangan perangkat pem-belajaran ipa berbasis problem based learning di smp. Jurnal Kependidikan, (4)1, 29-43. Diunduh dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7184

Robin, B. R. (2008). Digital story telling: A powerful technology tool for the 21st century classroom. Theory Into Practice, 47, 220-228. Diunduh dari: http://digitalstorytellingclass.pbworks.com/f/Digital+Storytelling+A+Powerful.pdf.

Sahyar, & Fitri. (2017). The effect of problem based learning model (PBL) and adversity quotient (AQ) on problem solving ability. American Journal of Education Research, 5(2), 179-183. Diunduh dari: http://pubs.sciepub.com/education/5/2/11/index.html.

Santyasa, I. W. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Singaraja: Undiksha Press

Suryawan, I. M. Y., Santyasa, I. W., Gunadi, I. G. A. (2019). Keefektifan model blended learning dan motivasi berprestasi siswa dalam pencapaian prestasi belajar fisika. Mimbar Pendidikan, 4(1), 35-54. Diunduh dari http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbardik/article/download/16969/9469

Varaningtyas, P. (2015). Pengembangan media digital storytelling berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Skripsi. Diterbitkan pada https://textid.123dok.com/document/1y94vdvq-pengembangan-media-digital-story-telling-berbasis-problem-based-learning-untuk-m eningkatkan-pemahaman-konsep-siswa. html.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.34085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

Flag Counter