PENERAPAN HIDDEN CURRICULUM PADA PROSES PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 : PERSPEKTIF SOSIOLOGI KURIKULUM
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47298Keywords:
Hidden Curriculum, Pembelajaran Online, Sosiologi KurikulumAbstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan artikel ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Hidden Curriculum dalam pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter/budi pekerti dalam proses pembelajaran online. 2) Untuk mengetahui kajian Sosiologi Kurikulum dalam membahas Hidden Curriculum. 3) Untuk mengetahui bagaimana tanggapan dari adanya kurikulum darurat atau penyederhanaan kurikulum pendidikan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan observasi, serta analisis data primer dan sekunder untuk melengkapi kebutuhan data penelitian. Subjek pada penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNTIRTA angkatan 2018. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : 1) Proses pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 menjadi pilihan dan alternatif yang baik. 2) Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter/budi pekerti dalam Hidden Curriculum pada proses pembelajaran online dirasa belum optimal. 3) Penyederhanaan kurikulum pendidikan di masa pandemi Covid-19 cenderung mendapat tanggapan yang positif dan dapat diterima dengan baik.
References
Al-Nur, Widya Rahmawati. 2019. "Pengembangan Hidden Curriculum Untuk Menunjang Pendidikan Antikorupsi di MIN 1 Banyumas". Tesis. 1-103.
Aslan. 2019. Hidden Curriculum. Makassar :Pena Indis.
Gusty, Sri dkk. 2020. Belajar Mandiri : Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi. Yayasan Kita Menulis.
Hidayat., Rakhmat. 2013. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta : Rajawali Pers.
Julaiha, Siti. "Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran". Jurnal Dinamika Ilmu. Vol. 14. No 2, Desember 2014, 226-239.
Kemdikbud. 2020. "Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus". https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus. Diakses pada 11 April 2021 .
Setiawan, Rizki. "Pembangunan Nilai
Demokrasi dan Nasionalisme sebagai Kurikulum Tersembunyi di SMAN CMBBS". Jurnal Hermeneutika. Vol. 3, No. 1, Mei 2017, 10-20.
Setiawan, Rizki dan Eti Komalasari, "Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19". Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Sosiologi. Vol. 4 No. 1, Mei 2020, 1-13.
Tesniyadi, Dema. 2018. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta. Samudera Biru.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP – UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan : Bagian II. Bandung : PT. Imperial Bhakti Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).