EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ACTIVE DEBATE DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i1.3428Abstract
Perkembangan IPTEK menuntut bangsa kita untuk memiliki pendidikan yang berkualitas, karena kesejahteraan bangsa kita tidak hanya ditentukan oleh modal sosial yang bersifat fisik tetapi juga oleh sumber daya manusianya itu sendiri. Selama ini pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode konvensional terutama untuk materi yang bersifat hafalan khususnya pembelajaran sosiologi sehingga pembelajaran bersifat monoton dan siswa belajar pasif. Penelitian ini mencoba menerapkan sebuah metode yang akan membangkitkan daya pikir dan analisis siswa sehingga siswa belajar lebih aktif dan kritis. Metode ini disebut metode active debate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode active debate dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 8 Purworejo. Disamping tujuan utama tersebut, penelitian ini juga akan mengetahui perbedaan penerapan pembelajaran active debate dengan ceramah.
Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 120 siswa. Sampel berjumlah 77 orang dengan teknik random sampling. Desain dalam penelitian ini adalah Pre Test Post Test Control Group Design. Kelas XI IS II yang terdiri dari 35 siswa dipilih sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI IS III yang terdiri dari 42 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah dengan tes prestasi belajar sosiologi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, validitas konstruk dan validitas konkuren. Reliabilitas tes prestasi belajar sosiologi dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach. Metode untuk analisis data adalah dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sosiologi menggunakan metode active debate lebih efektif dibandingkan metode ceramah, hal ini dapat diketahui besarnya distribusi t0 adalah 10.033 dengan p-value sebesar 0.000. Nilai distribusi t0 adalah 10.033 lebih besar dari t(75)(0.05) sebesar 1.665. artinya pada kelompok kontrol dan eksperimen terdapat perbedaaan yang signifikan atau pada hipotesis statistik Ho ditolak dan Ha diterima. Lebih lanjut bobot efektifitas penggunaan metode active debate (eksperimen) dibandingkan penggunaan metode ceramah (kontrol) adalah 24.5%. Bobot efektifitas tersebut menempatkan penggunaan active debate yang jauh lebih efektif dibandingkan ceramah.
Kata Kunci: Active Debate, Efektivitas, Pembelajaran
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan lebih awal dan lebih banyak (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
====================================================
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).