Upaya meningkatkan minat belajar pelajaran seni budaya melalui model discovery learning dengan media puzzle

Authors

  • Kasmiatun Kasmiatun SMP Negeri 1 Teluk Bayur Berau

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29984

Keywords:

minat belajar, discovery learning, media puzzle

Abstract

Best practice ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pelajaran seni budaya terhadap materi ragam hias pada bahan alam (kayu) menggunakan model discovery learning dengan media puzzle. Karya tulis ini menceritakan pengalaman terbaik guru dalam menyelesaikan sebuah permasalahan pembelajaran di kelasnya. Hasil analisis data nilai minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yaitu nilai persentase klasikal minat belajar siswa 89% dengan kategori 94% tinggi yang berdampak pada nilai hasil belajar siswa sehingga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 92% dan ketuntasan klasikal 87.5%. Kesimpulan best practice ini adalah bahwa penggunaan model discovery learning dengan media  puzzle dapat meningkatkan minat belajar siswa pelajaran seni budaya terhadap materi ragam hias pada bahan alam (kayu) di kelas VII A SMP Negeri 1 Teluk Bayur.

Downloads

Published

2020-06-08

How to Cite

Kasmiatun, K. (2020). Upaya meningkatkan minat belajar pelajaran seni budaya melalui model discovery learning dengan media puzzle. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 52–62. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29984

Issue

Section

Articles