Pengaruh penerapan metode role play dan gaya belajar terhadap keterampilan konseling mahasiswa tentang adaptasi psikologi pada kehamilan trisemester I (studi eksperimental di prodi DIII Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Luluk Khusnul Dwihestie, Bhisma Murti, Nunuk Suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode role play dan gaya belajar terhadap keterampilan konseling mahasiswa tentang adaptasi psikologi pada kehamilan trimester I. Desain penelitian yaitu studi eksperimental dengan Randomized Controlled Trial (RCT). Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester II Prodi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 45 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan exhaustive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian yaitu kuesioner dan checklist. Analisis data menggunakan uji regresi linier ganda dengan taraf signifikan 0.05. Hasil analisis regresi linier ganda, metode role play dan gaya belajar secara bersamaan mampu menjelaskan 28% dari variasi keterampilan konseling, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa keterampilan konseling mahasiswa dapat ditingkatkan dengan penerapan metode role play dan identifikasi gaya belajar pada setiap mahasiswa.


Keywords


Role Play; Gaya Belajar; Keterampilan Konseling

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

Flag Counter

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan (JPIP) by Fakultas Ilmu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, based an work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/index.


View My Stats