Diffusion and innovation belajar.id account: A systematic literature review

Nur Atikasari, Sebelas Maret University, Indonesia
Sunardi Sunardi, Sebelas Maret University, Indonesia

Abstract


Learning during the COVID-19 pandemic has conditions educators and students cannot meet face to face, so online learning is carried out. The Ministry of Education and Culture 2020 launched a learning innovation, namely a belajar.id account to facilitate online learning. The diffusion process is essential for innovative products because it can affect the adoption rate of innovation. However, in the period of launch to date, it has yet to be discovered the process of diffusion of belajar.id accounts and the factors involved. This study aims to identify the diffusion process of innovation belajar.id account. This study used a systematic literature review research method using Google Scholar and Sinta databases. Based on 19 selected articles, this study identifies the diffusion process of innovation belajar.id account is influenced by innovation characteristics, communication channels, specific periods, and members of the social system. The factors involved consist of driving factors and inhibiting factors of innovation diffusion. Based on the research results and conclusions, this research can be a source of reference in carrying out learning innovations in education and developing existing learning innovations.

 

Difusi dan inovasi akun belajar.id: Studi literatur

Pembelajaran saat pandemi covid-19 memiliki kondisi bahwa pendidik dan peserta didik tidak dapat bertatap muka secara langsung sehingga dilaksanakan pembelajaran secara online. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 meluncurkan inovasi pembelajaran yaitu akun belajar.id untuk memfasilitasi pembelajaran online. Proses difusi sangat penting bagi produk inovasi karena dapat mempengaruhi tingkat adopsi inovasi. Namun, dalam kurun waktu peluncuran sampai saat ini, belum diketahui proses difusi akun belajar.id dan faktor-faktor yang terlibat. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi proses difusi inovasi akun belajar.id. Penelitian ini menggunakan metode penelitian systematic literature review. Dengan menggunakan basis data Google Scholar dan Sinta. Berdasarkan 19 artikel terpilih, penelitian ini mengidentifikasi proses difusi inovasi akun belajar.id dipengaruhi oleh karakteristik inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu tertentu, dan anggota sistem sosial. Faktor yang terlibat terdiri dari faktor pendorong dan faktor penghambat difusi inovasi. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumber referensi dalam melakukan inovasi pembelajaran di bidang pendidikan dan pengembangan inovasi pembelajaran yang sudah ada.


Keywords


learning; belajar.id account; diffusion innovation

Full Text:

PDF

References


Aisha, N., & Ratra, A. (2022). Online education amid covid-19 pandemic and its opportunities, challenges and psychological impacts among students and teachers: A systematic review. Asian Association of Open Universities Journal, 17(3), 242–260. https://doi.org/10.1108/AAOUJ-03-2022-0028

Al-Rahmi, W. M., Yahaya, N., Aldraiweesh, A. A., Alamri, M. M., Aljarboa, N. A., Alturki, U., & Aljeraiwi, A. A. (2019). Integrating technology acceptance model with innovation diffusion theory: An empirical investigation on students’ intention to use e-learning systems. IEEE Access, 1(1), 26797–26809. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2899368

Ardiyan, L., Milfayetty, S., Purba, S., & Lubis, M. J. (2022). Pengembangan model manajemen berbasis pelatihan peningkatan kompetensi profesional guru bk terintegrasi akun belajar.id. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 833–844.

Aryani, W. D. (2022). Implementasi pjj moda daring (online) mapel ips dengan menggunakan akun pembelajaran pada masa pandemi covid-19 kelas ix a smpn 1 Kandeman. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, 6(2), 1–14. https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.120

Astuti, S., Rukmana, D., Pramudiani, P., & Zulherman. (2022). The role of teachers and parents to improve children’s motivational learning in pandemic situation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1162–1170. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22583

Azzahra, N. F. (2020). Ringkasan kebijakan | mengkaji hambatan pembelajaran jarak jauh di indonesia di masa covid-19. CIPS Indonesia, 19(2), 1–9.

Bouti, S. (2023). The Effectiveness of using akun pembelajaran in learning english at smpn 1 gorontalo city students. In Proceedings of the Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH 2022). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-35-0

Cahyono, B. T., & Nugroho, W. (2021). Optimalisasi pemanfaatan akun pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 170–175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1766

Daryono, D., & Sutikno, A. (2022). The effectiveness of the use of belajar.id form applications in the preparation of digital-based numeracy questions for mathematics subject educators at SMP Negeri 15 Surakarta. Zien Journal of Social Sciences and Humanities, 14, 16–31.

Djusar, S., Asril, E., & Anggraini, K. (2023). Pemanfaatan akun belajar.id bagi guru smpn binaan khusus kota Dumai. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 111–116. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.5400

Effendi, M. R., Rahmawati, S., & Wulandari, D. (2021). Development of google workspace-based learning media through optimization of accounts belajar. id. 1st International Conference of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 376–381. https://doi.org/10.51773/icobba.v1i2.105

Fikri, M., Zaki Ananda, M., Faizah, N., Rahmani, R., Adelia Elian, S., & Suryanda, A. (2021). Kendala dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19: Sebuah kajian kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.00

Fitria, T. N., Muqorobin, Pardanawati, S. L., & Prastiwi, I. E. (2023). Pelatihan update profil sinta dan pembuatan id garuda untuk dosen institut teknologi bisnis AAS Indonesia. Jurnal Budimas, 05(01), 1–23.

Hanafi, A. (1981). Memasyarakatkan ide-ide baru disarikan dari karya everett m rogers dan f. floyd shoemaker: communication of innovations. Usaha Nasional.

Iqbal, M., & Afandi, A. M. (2022). Utilization of the merdeka teaching application with belajar.id account. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(2), 218–223. https://doi.org/https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i2.1644

Kemendikbud. (2020). Tingkatkan akses layanan pembelajaran, kemendikbud luncurkan akun pembelajaran: belajar.id. kemdikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/12/tingkatkan-akses-layanan-pembelajaran-kemendikbud-luncurkan-akun-pembelajaran-belajarid

Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, Areli, A. J., Agustina, M., Kafarisa, R. F., Saputra, A. G., Diana, N., Agustina, E., Oktarina, R., & Hisri, T. B. (2018). Inovasi pendidikan. Wade Group.

Kusumaningpuri, A. R., & Khoirurrosyid, M. (2022). Implementasi google classroom dengan akun belajar.id di masa pandemi covid-19 kelas vi sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 40–54.

Latip, A. D. (2022). In A. Syamsi (Ed.), Bunga rampai asosiasi doktor pendidikan dasar indonesia: teori, implikasi, dan implementasi di kelas (hal. 398–408). CV. Pena Persada.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Mulrow, C. D. (1994). Systematic reviews: rationale for systematic reviews. Education and Debate, 309, 597–599. https://doi.org/https://doi.org/10.1136/bmj.309.6954.597

Munib, A. (2016). Karakteristik inovasi pendidikan di perguruan tinggi keagamaan Islam. Jurnal Al-Ulum, 3(1), 1–13. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alulum/article/view/1782

Muntaha, N. G., & Amin, A. (2023). Difusi inovasi, diseminasi inovasi, serta elemen difusi inovasi. 5(2), 2548–2554. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13624/10351

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemafaatan teknologi informasi dalam pemeblajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and Research), 4(2), 30–36.

Pittman, J., Severino, L., DeCarlo-Tecce, M. J., & Kiosoglous, C. (2020). An action research case study: digital equity and educational inclusion during an emergent covid-19 divide. Journal for Multicultural Education, 15(1), 68–84. https://doi.org/10.1108/JME-09-2020-0099

Pratiwi, W. I. (2020). Strategi komunikasi interpersonal guru dalam pelaksanaan strategi komunikasi interpersonal guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar, Klaten, Jawa Tengah. Jp3Sdm, 9(2), 30–46.

Putrie, N. W. (2022). Eksplorasi pengembangan e-learning akuntansi terintegrasi dari perspektif manajemen pengetahuan dan analisis karakteristik inovasi: Studi kasus pada e-learning sidek-edu. Accounting and Business Information Systems Journal, 10(3), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/abis.v10i3.77563

Rafika, A. S., Yunan Putri, H., & Widiarti, F. D. (2017). Analisis mesin pencarian google scholar sebagai sumber baru untuk kutipan. Cerita, 3(2), 13. https://core.ac.uk/download/pdf/285996222.pdf

Rahma, S. N., Cahyono, B. E. H., & Ricahyono, S. (2021). Pemanfaatan akun belajar.id kemdikbud pada masa pandemi. Jurnal Pendidikan Multidisipliner: Wewarah, 1(1), 125–147. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/WEWARAH/article/view/11900

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis google workspace dengan optimalisasi akun belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam, 3(01), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Rogers, E. M. (1983). Diffusion of inovations. The Free Press.

Saeri, M. (2022). Melatih keterampilan guru memanfaatkan media pembelajaran online menggunakan akun belajar.id untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Karangan: Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 04(02), 145–149. https://doi.org/https://doi.org/10.55273/karangan.v3i1.201

Sari, D., Arini, D. P., & Amin, A. (2023). Karakteristik inovasi, hakikat inovasi, dan metode pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sdn 52 kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 2555–2558. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13625

Sejati, A. S., Zulfa, L. N., & Rois, N. (2022). Implementasi penggunaan akun belajar.id dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, 10(1), 438–454.

Septina, L. D., Nisa, K., & Istiningsih, S. (2020). Analisis hambatan pembelajaran jarak jauh oleh guru pada masa pandemi covid-19 di sdn 41 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 85–89. https://doi.org/10.29303/pendas.v1i1.55

Singh, V., & Thurman, A. (2019). How many ways can we define online learning? a systematic literature review of definitions of online learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289–306. https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082

Siswanto. (2010). Systematic review sebagai metode penelitian untuk mensintasis hasil-hasil penelitian (sebuah pengantar) (systematic review as a research method to synthesize research results (an introduction)). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326–333.

Sofianto, A., & Zuhri, M. (2021). Hambatan dan solusi pembelajaran jarak jauh pada era pandemi covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.1841

Sukinem, S., Muslimah, M., & Sholihah, T. (2022). Urgensi karakteristik inovasi pendidikan tinggi Islam. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 859–873. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/619/384

Sunni, M. A., & Islami, A. V. (2021). Pelatihan aplikasi google classroom dan google meet dalam pembelajaran menggunakan akun belajar.id. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Al Khidmad, 5(2), 78–87. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/alkhidmad/article/view/1652

Supanti, Y. T., & Mulyono, R. (2022). GBL untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi mengenal akun belajar.id dalam bimbingan tik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 08(2), 1448–1464. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/458

Teguh, M. (2015). Difusi inovasi dalam program pembelajaran jarak jauh di yayasan trampil Indonesia. Scriptura, 5(2). https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.71-78

Thomé, A. M. T., Scavarda, L. F., & Scavarda, A. J. (2016). Conducting systematic literature review in operations management. Production Planning and Control, 27(5), 408–420. https://doi.org/10.1080/09537287.2015.1129464

Tirtoni, F., Rugaya, M., & Ratna, I. (2022). Pelatihan aplikasi belajar. id berbasis interaktif class untuk menguatkan karakter mandiri siswa dalam pembelajaran daring di …. Kanigara, II(2), 287–294. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/5418

Utari, D. S., & Rianto, R. (2021). Pelatihan pemanfaatan akun belajar id terintegrasi dengan rumah belajar bersama pgri provinsi kepulauan Riau. Alfatina: Journal of Community Services, 01(01), 1–6.

Utomo, M. N. Y., Sudaryanto, M., & Saddhono, K. (2020). Tools and strategy for distance learning to respond covid-19 pandemic in Indonesia. Ingenierie des Systemes d’Information, 25(3), 383–390. https://doi.org/10.18280/isi.250314

Wahyudi, D., & Suwandana, E. (2022). Efektivitas implementasi kebijakan akun belajar.id kemendikbud oleh tenaga kependidikan. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 06(01), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.56945/jkpd.v6i1.140

Wahyuni, S., Fitriati, S. W., Syafri, F., Tasia, A., Aryani, E. J., Sarasmara, A. S., Maulidiyah, E., Putri, S. N., & Hapsari, Z. D. (2022). Peningkatan kualitas pembelajaran di masa pandemi covid-19 melalui pelatihan aplikasi @belajar.id tes blendspace. J-Abdipamas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 179–192.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i2.57752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter