Pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif

Fauzatul Ma'rufah Rohmanurmeta,
Muh. Farozin,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif bagi peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest-posttest with nonequivalent groups. Pretest dan Posttest digunakan untuk mengukur motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variasi gaya pengaturan tempat duduk terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SD Muhammadiyah Ponorogo pada tema cita-citaku. Terbukti dari hasil uji-t dengan signifikansi 0,000 pada kelompok eksperimen I dan eksperimen II, artinya variasi gaya pengaturan tempat duduk mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar tema cita-citaku peserta didik SD Muhammadiyah Ponorogo.


Keywords


pengaturan tempat duduk, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter