Pengaruh Modal Sosial, Kompentensi Guru Dan Intensitas Kegiatan Mgmp Terhadap Profesionalisme Guru IPS SMP

Authors

  • Reza Armin Abdillah Dalimunthe
  • Farida Hanum

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.19931

Keywords:

Modal Sosial, Kompetensi Guru, Intensitas Kegiatan MGMP, Profesionalisme Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh modal sosial, kompetensi guru, dan  intensitas kegiatan MGMP terhadap profesionalisme guru SMP IPS Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post  facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah guru IPS SMP yang tergabung dalam MGMP Yogyakarta. Terdapat 109 guru yang diambil seluruhnya menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan quesioner untuk variabel modal sosial, kompetensi guru, intensitas kegiatan MGMP  dan profesionalisme guru. Pengujian validitas instrument dilakukan dengan expert judgment dan analisis faktor, sedangkan uji reliabilitas menggunakan  Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial bepengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, intensitas kegiatan MGMP berpengaruh signifikan terhadap  profesionalisme guru, serta modal sosial, kompetensi guru dan intensitas kegiatan MGMP  secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru SMP IPS Kota Yogyakarta.

Kata Kunci: .Modal Sosial, Kompetensi Guru, Intensitas Kegiatan MGMP, Profesionalisme Guru

Downloads

Published

2018-06-06

How to Cite

Dalimunthe, R. A. A., & Hanum, F. (2018). Pengaruh Modal Sosial, Kompentensi Guru Dan Intensitas Kegiatan Mgmp Terhadap Profesionalisme Guru IPS SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2). https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.19931