Pengaruh Modal Sosial, Kompentensi Guru Dan Intensitas Kegiatan Mgmp Terhadap Profesionalisme Guru IPS SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.19931Keywords:
Modal Sosial, Kompetensi Guru, Intensitas Kegiatan MGMP, Profesionalisme GuruAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modal sosial, kompetensi guru, dan intensitas kegiatan MGMP terhadap profesionalisme guru SMP IPS Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah guru IPS SMP yang tergabung dalam MGMP Yogyakarta. Terdapat 109 guru yang diambil seluruhnya menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan quesioner untuk variabel modal sosial, kompetensi guru, intensitas kegiatan MGMP dan profesionalisme guru. Pengujian validitas instrument dilakukan dengan expert judgment dan analisis faktor, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial bepengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, intensitas kegiatan MGMP berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru, serta modal sosial, kompetensi guru dan intensitas kegiatan MGMP secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme guru SMP IPS Kota Yogyakarta.
Kata Kunci: .Modal Sosial, Kompetensi Guru, Intensitas Kegiatan MGMP, Profesionalisme GuruDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.