EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i02.3607Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh gambaran kompetensi Pedagogik guru Geografi SMA di Kabupaten Bantul pada tahun 2011 didasarkan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Desain penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan evaluasi model kesenjangan (discrepancy model of evaluation). Populasi penelitian ini yaitu guru geografi SMA di Kabupaten Bantul, dan sampelnya diambil secara acak dari kelompok sampel sebanyak 28 orang dari 49 Guru Geografi di SMA Negeri maupun Swasta di Kabupaten Bantul. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru sejawat, dan Siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Teknik analisis data deskriptif secara kuantitatif maupun kualitatif sesuai dengan karakteristiknya. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa secara umum, kompetensi pedagogik guru geografi SMA di Kabupaten Bantul berdasarkan rata-rata penilaian Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa pada jawaban instrumen sudah pada kategori balk atau berada di sekitar skala 3, sedangkan hasil kiasifikasi kategori sturguess persentase tertinggi terletak pada kategori Cukup. Penilaian responden terhadap kompetensi inti 5 dan 10 dari kompetensi pedagogik guru geografi SMA di Kabupaten Bantul dalam kategori cukup (skala 2). Penilaian yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah lebih tinggi dibandingkan penilaian oleh siswa terhadap kompetensi pedagogik guru geografi SMA di Kabupaten Bantul
Kata Kunci: Evaluasi, kompetensi, pedagogik, geografi.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.