REVITALISASI PEMBELAJARAN IPS DI SD SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN PESERTA DIDIK YANG BERKARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i02.3602Abstract
Tujuan penelitian ini adalah; mengetahui muatan nilai dalam struktur dan muatan kurikulum IPS SD dan mengetahui bagaimanakah guru SD membelajarkan materi IPS. Metode yang digunakan adalah studi dokumentasi dan deep interview. Dari kajian yang dilakukan diketahui bahwa dari 13 SK yang terjabarkan dalam 48 KD, hanya 13 KD berisi nilai yang memberikan direct effect dan 34 KD tidak berisi nilai dan muncul sebagai nurturrent effec. Berkaitan dengan pembelajaran IPS di SD, guru-guru SD membelajarkan IPS dengan strategi yang monoton, baik pada materi-materi yang bermuatan nilai maupun tidak. Pada aspek metode 78,43% guru membelajarkan dengan metode konvensional dan 21, 57% guru membelajarkan dengan metode yang sedikit variatif. Khusus materi yang bermuatan nilai, pun dibe-lajarkan dengan metode konvensional tetapi guru berupaya menginternalisasikan nilai dengan moralizing. Berkaitan dengan media hanya 7,14% guru yang menggunakan media, 92,86% guru sangat jarang menggunakan media. Tidak bervariasinya metode dan minimnya penggunaan media disebabkan guru tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang metode dan media. Ini dikarenakan kurangnya buku referensi dan minimnya pelatihan dan pembinaan, serta belum kuatnya tanggungjawab akademik guru terhadap profesinya.
Kata kunci: struktur dan muatan kurikulum IPS SD, guru, siswa, pembelajaran, nilai.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.