CTL DALAM PEMBELAJARAN ILMU SOSIAL SEBAGAI PENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i02.3591Abstract
Menjadi guru yang kreatif dan inovatif adalah bagian dari tuntutan profesionalisme seorang guru dalam pembelajaran. Ilmu sosial adalah salah satu ilmu yang penting bagi seorang anak didik. Sebagaimana kita menyadari bahwa kita adalah makhluk sosial yang memerlukan orang lain maka ilmu sosial adalah ilmu yang sangat bermanfaat dalam membentuk karakter yang baik bagi anak didik.CTL adalah salah satu metode pembelajaran yang dalam prosesnya memberikan pengalaman nyata bagaimana seorang anak didik dapat berlatih bersikap sosial yang baik dalam rangka membentuk karakter yang baik. Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning) adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari; sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari konteks yang terbatas, sedikit-demi sedikit, dan dari proses mengkontruksi sendiri, sebagai bekal untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat. CTL juga menawarkan membangun makna yang berkualitas dalam pembelajaran dan sangat tepat bila diterapkan dalam pembelajaran ilmu sosial bagi anak didik sehingga tujuan pembelajaran ilmu sosial dapat tercapai. Pembelajaran ini telah di terapkan di salah satu Sekolah Dasar di Klaten dan menunjukkan hasil yang positif dalam memberikan pengalaman nyata dan membentuk karakter bagi siswa agar dapat mengaplikasikan pelajaran ilmu sosial dalam kehidupannya.
Key word: ilmu sosial, pembelajaran, CTL, karakter
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.