KOMPENTENSI PENDIDIK ILMU-ILMU SOSIAL DALAM ABAD TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENYIAPAN GENERASI BERKARAKTER DI MASA DEPAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i02.3573Abstract
Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) tidak terlepas dad peran pendidikan. Hal ini karena pendidikan selama ini dipercaya mampu meningkatkan kompetensi, kemampuan, ketrampilan, serta daya saing SDM. Namun seiring dengan perubahan zaman, pendidikan juga dituntut untuk dapat menghasilkan generasi yang berkarakter dan berbudaya. Oleh karena itu menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan terutama bidang ilmu-ilmu sosial untuk dapat mewujudkan tuntutan zaman tersebut. Pemecahan masalah pendidikan dan sosial tidak akan terlepas dari peran pendidik. Hal ini karena proses pendidikan selalu melibatkan peran pendidik. Oleh karena itu kompetensi pendidik mutlak untuk selalu ditingkatkan dengan tujuan terwujudnya proses pendidikan yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten, berkemampuan, berketrampilan, berdaya saing, berkarakter dan berbudaya. Oleh karena adanya beberapa masalah berkaitan dengan kompetensi pendidik ilmu sosial baik itu rendahnya motivasi pendidik, rendahnya penguasaan terhadap pengetahuan, serta sarana dan prasarana yang terbatas, maka peranan pimpinan sekolah, teman sejawat, peserta didik, keluarga, dan pengambil kebijakan adalah mutlak diperlukan. Dengan keterlibatan pihak-pihak tersebut secara optimal maka diharapkan kompetensi pendidik dapat selalu ditingkatkan sehingga mampu menghasilkan SDM yang berkompeten, berkemampuan, berketrampilan, berdaya saing, berkarakter dan berbudaya.
Kata kunci: Kompetensi, Pendidik, Ilmu Sosial, Generasi, Berkarakter.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.