Pengembangan profesionalisme guru IPS
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22677Keywords:
pengembangan, profesionalisme, guru IPS.Abstract
Profesionalisme guru dalam proses pendidikan merupakan salah satu kunci penting kesuksesan belajar siswa. pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. tulisan ini bertujuan untuk menemukan makna eksistensi pendidik atau guru bidang IPS yang profesional. Metode yang digunakan menggunakan bersifat anilisis deskriptif. Dari hasil kajian tersebut disimpulkan bahwa guru profesional adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan, di antaranya, (1) Guru IPS harus berpegang teguh pada kode etik keguruan sebagai acuan dalam melakukan tugas dan fungsinya; (2) Guru IPS memiliki klien atau obyek layanan yang tetap seperti dokter dengan pasiennya, (3) Diakui oleh masyarakat karena memang diperlukan jasanya di masyarakat.
References
Arikunto, S. (2003). Manajemen pengajaran secara manusiawi. Jakarta: Rineka cipta.
Cece, W., & Tabrani, R. (1994). Kemampuan dasar guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hasibuan, M. P. (2001). Manajemen dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Gunung Agung.
Piet, A. S. (1994). Profil pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.
Priatna, M. (2002). Manajemen pendidikan Indonesia. (R. Cipta, Ed.). Jakarta.
Robinson, P., & Basari, H. (1986). Beberapa perspektif sosiologi pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Roestiyah, N. . (1982). Masalah-masalah Ilmu keguruan. Jakarta: Bina Aksara.
Soetjipto, & Kosasi, R. (1999). Profesi keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati, & Asri. (2007). Metode pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Suparlan. (2006). Guru sebagai profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Usman, M. U. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.