Pengembangan profesionalisme guru IPS

Authors

  • Akh. Syaiful Rijal Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22677

Keywords:

pengembangan, profesionalisme, guru IPS.

Abstract

Profesionalisme guru dalam proses pendidikan merupakan salah satu kunci penting kesuksesan belajar siswa. pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. tulisan ini bertujuan untuk menemukan makna eksistensi pendidik atau guru bidang IPS yang profesional. Metode yang digunakan menggunakan bersifat anilisis deskriptif. Dari hasil kajian tersebut disimpulkan bahwa guru profesional adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan, di antaranya, (1) Guru IPS harus berpegang teguh pada kode etik keguruan sebagai acuan dalam melakukan tugas dan fungsinya; (2) Guru IPS memiliki klien atau obyek layanan yang tetap seperti dokter dengan pasiennya, (3) Diakui oleh masyarakat karena memang diperlukan jasanya di masyarakat.

References

Arikunto, S. (2003). Manajemen pengajaran secara manusiawi. Jakarta: Rineka cipta.

Cece, W., & Tabrani, R. (1994). Kemampuan dasar guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, M. P. (2001). Manajemen dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Gunung Agung.

Piet, A. S. (1994). Profil pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Priatna, M. (2002). Manajemen pendidikan Indonesia. (R. Cipta, Ed.). Jakarta.

Robinson, P., & Basari, H. (1986). Beberapa perspektif sosiologi pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Roestiyah, N. . (1982). Masalah-masalah Ilmu keguruan. Jakarta: Bina Aksara.

Soetjipto, & Kosasi, R. (1999). Profesi keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumiati, & Asri. (2007). Metode pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suparlan. (2006). Guru sebagai profesi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Usman, M. U. (2005). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2018-12-31

How to Cite

Rijal, A. S. (2018). Pengembangan profesionalisme guru IPS. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 187–196. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22677