Optimalisasi Kinerja Organisasi Sekolah

Authors

  • Muhyadi Muhyadi

DOI:

https://doi.org/10.21831/efisiensi.v6i1.3824

Abstract

Salah satu faktor penting yang ikut menentukan tercapaitidaknya tujuan sekolah adalah pengelolaan sekolah yang bersangkutan, berupa penerapan sejumlah prinsip dasar organisasi yang meliputi: penentuan visi, misi, dan tujuan sekolah, penentuan struktur organisasi atau pola kerjasama, pembagian kerja, koordinasi, kelancaran komunikasi, proses pengambilan keputusan, dan penjaminan sustainabilitas atau kelangsunganhidup organisasi.

Faktor lain yang juga ikut menentukan kinerja sebuah sekolah adalah faktor manusia yang terlibat di dalamnya yang biasa disebut sebagai warga sekoJah. Setiap warga sekolah memiliki harapan­harapan dan tujuan tertentu yang berakibat pada perbedaan tingkah laku dan kinerja yang mereka tunjukkan. Perbedaan tersebut dlsebabkan oleh perbedaan faktor internal masing-masing individu dan lingkungan yang dihadapi. Faktor internal terkait dengan persepsi, sikap, nilai, motivasi, dan kepribadian masing-masing; sedangkan Iingkungan terdiri dari lingkungan fisik dan sosial di mana seseorang berada. Kepala sekolah perlu memahami perilaku warga sekolah agar dapat mengoptimalkan perannya dalam mencapai tuluon sekolah.

Kata Kunci: pengelolaan, kinerja, organisasi

Downloads

Published

2015-03-08

How to Cite

Muhyadi, M. (2015). Optimalisasi Kinerja Organisasi Sekolah. Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 6(1). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v6i1.3824