PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBENTUK MAJALAH ELEKTRONIK DENGAN MATERI HIDROSFER UNTUK SISWA SMA KELAS X

Authors

  • Dian Ardhina
  • Mukminan Mukminan

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.19667

Keywords:

multimedia pembelajaran geografi, majalah elektronik, keefektifan multimedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran geografi berbentuk majalah elektronik dengan materi hidrosfer yang layak dan efektif untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangaan Alessi & Trollip yang meliputi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap desain, dan tahap pengembangan. Setelah melalui tahap pengembangan awal dihasilkan produk awal multimedia. Tahap selanjutnya dilakukan evaluasi formatif untuk mengetahui kelayakan produk yang terdiri atas Alpha Test, Beta Test I, dan Beta Test II. Pada tahap akhir produk dilakukan evaluasi sumatif untuk mengetahui keefektifan produk berupa skor tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah: (1) Multimedia pembelajaran geografi berbentuk majalah elektronik yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan validasi dari ahli materi, validasi dari ahli media, validasi dari guru geografi SMA kelas X, uji coba beta test I, dan uji coba beta test II. (2) Multimedia pembelajaran geografi berbentuk majalah elektronik dengan materi hidrosfer untuk siswa SMA kelas X yang dikembangkan efektif dan dapat meningkatkan penguasaan kompetensi mata pelajaran geografi, dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: multimedia pembelajaran geografi, majalah elektronik, keefektifan multimedia.

Downloads

Published

2018-05-14

How to Cite

Ardhina, D., & Mukminan, M. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBENTUK MAJALAH ELEKTRONIK DENGAN MATERI HIDROSFER UNTUK SISWA SMA KELAS X. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(1). https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.19667