Analisis model pembelajaran ARIAS dalam seting berbagai tipe kolaboratif bagi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran MBS di PGSD FIP UNIMED

Authors

  • Efendi Manalu Universitas Negeri Medan
  • Ease Arent Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22676

Keywords:

model pembelajaran ARIAS, Pendekatan Kolaboratif, motivasi belajar mahasiswa, dan perilaku belajar (aktivitas) dalam proses pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) motivasi belajar sebelum dan setelah diterapkan model ARIAS dalam setting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran. (2) implementasi model ARIAS dalam seting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran, memberi pengaruh yang berlainan terhadap peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran perencanaan pengajaran PGSD  FIP. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa PGSD semester VI sebanyak 7 rombongan belajar. Dari teknik samplingnya diambil kelas A Reg dan C Eks dan menjadi unit sampel sebanyak 60 orang. Mahasiswa regular maupun ekstensi adalah sama-sama menunjukkan peningkatan motivasi belajar atas model ARIAS melalui pembelajaran kolaboratif tipe TS-TS, TPS, PC, dan CS yang di aktualisasi dalam melakukan aktivitas belajar dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran. Akan tetapi intensitasnya dalam perilaku belajar berbeda yaitu lebih aktif mahasiswa regular dibandingkan mahasiswa ekstensi dalam pembelajaran perencanaan pengajaran.

References

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Dimyati, dkk (2002). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Purwanto, M. N. (1996). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Syah, M. (2004). Psikologi belajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sardiman. (2011). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sagala, S. (2003). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Alfabeta: Bandung.

Soemanto, W. (1983). Psikologi pendidikan. Rineka Cipta: Malang.

Saw, M. (1979). Group dynamics: The psychology of small group behavior. Mc Graw Hill: New Delhi.

Syarif, K. dkk. (2016) Perkembangan peserta didik: Bahan Kuliah MKDK UNIMED. University Press: Medan.

Published

2018-12-31

How to Cite

Manalu, E., & Arent, E. (2018). Analisis model pembelajaran ARIAS dalam seting berbagai tipe kolaboratif bagi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran MBS di PGSD FIP UNIMED. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 175–186. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22676