Analisis model pembelajaran ARIAS dalam seting berbagai tipe kolaboratif bagi peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran MBS di PGSD FIP UNIMED
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22676Keywords:
model pembelajaran ARIAS, Pendekatan Kolaboratif, motivasi belajar mahasiswa, dan perilaku belajar (aktivitas) dalam proses pembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) motivasi belajar sebelum dan setelah diterapkan model ARIAS dalam setting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran. (2) implementasi model ARIAS dalam seting kolaboratif tipe: TS-TS, Think Pair Share (TPS), Pair Check (PC), dan Cooperative Script (CS) dalam pembelajaran, memberi pengaruh yang berlainan terhadap peningkatan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran perencanaan pengajaran PGSD FIP. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa PGSD semester VI sebanyak 7 rombongan belajar. Dari teknik samplingnya diambil kelas A Reg dan C Eks dan menjadi unit sampel sebanyak 60 orang. Mahasiswa regular maupun ekstensi adalah sama-sama menunjukkan peningkatan motivasi belajar atas model ARIAS melalui pembelajaran kolaboratif tipe TS-TS, TPS, PC, dan CS yang di aktualisasi dalam melakukan aktivitas belajar dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran. Akan tetapi intensitasnya dalam perilaku belajar berbeda yaitu lebih aktif mahasiswa regular dibandingkan mahasiswa ekstensi dalam pembelajaran perencanaan pengajaran.
References
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.
Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Dimyati, dkk (2002). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Purwanto, M. N. (1996). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Syah, M. (2004). Psikologi belajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sardiman. (2011). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sagala, S. (2003). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Alfabeta: Bandung.
Soemanto, W. (1983). Psikologi pendidikan. Rineka Cipta: Malang.
Saw, M. (1979). Group dynamics: The psychology of small group behavior. Mc Graw Hill: New Delhi.
Syarif, K. dkk. (2016) Perkembangan peserta didik: Bahan Kuliah MKDK UNIMED. University Press: Medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.