Pengaruh Metode Active Debate Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17646Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Active Debate dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar afektif siswa di SMP Negeri 1 Jatisrono. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan pretest-posttest non-equivalent design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatisrono. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data hasil belajar afektif dikumpulkan melalui angket. Validitas data menggunakan validitas isi dan valditas konstruk, reliabilitas data dianalisis menggunakan Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh metode Active Debate dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar afektif siswa. Peningkatan hasil belajar afektif siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Active Debate lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar afektif siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah. Hasil analisis regresi yang diperoleh dari kedua metode pembelajaran tersebut dapat dikatakan bahwa metode Active Debate sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa, artinya metode pembelajaran tersebut baik apabila diterapkan dalam pembelajaran
Kata kunci: active debate, hasil belajar afektif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.