KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE PjBL, PBL, INQUIRY, DAN DISCOVERY DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Authors

  • Nawalinsi, Muhsinatun Siasah Masruri

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12578

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keefektifan metode Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Inquirí­, dan Discovery untuk pembelajaran Geografi di SMA Kabupaten Bantul; dan (2) rangking keefektifan metode Project-based Learning, Problem-based Learning, Inquirí­, dan Discovery untuk pembelajaran Geografi di SMA Kabupaten Bantul. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA, dilanjutkan dengan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara metode Project-based Learning, Problem-based Learning, Inquiry dan Discovery dalam pembelajaran Geografi di SMA N Kabupaten Bantul ; dan (2) hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa urutan keefektifan metode-metode yang dieksperimenkan adalah metode Project-based Learning merupakan metode paling efektif (gain score 14,7), disusul dengan metode Problem-based Learning (gain score 10,77), kemudian metode Inquiry (gain score 7,83) dan yang paling  rendah  keefektifannya adalah metode Discovery (gain score 4,95).

 

Kata Kunci: Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Inquiry, Discovery, hasil belajar Geografi siswa

Downloads

Published

2016-12-04

How to Cite

Muhsinatun Siasah Masruri, N. (2016). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE PjBL, PBL, INQUIRY, DAN DISCOVERY DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(2). https://doi.org/10.21831/socia.v13i2.12578