Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi dengan Materi Litosfer dan Pedosfer untuk SMA Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5284Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, melalui analisis kebutuhan, desain pengembangan, pengembangan multimedia, dan validasi/evaluasi produk. Subjek penelitiannya 35 orang, yaitu dari one to one evaluation tiga orang, small group evaluation 12 orang, field trial 20 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen yang berupa rating scale (1-5) dan tes hasil belajar (1-100). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan produk layak digunakan. Ahli materi dan media memerikan nilai baik pada produk. Hasil uji coba satu-satu menunjukkan nilai rerata sebesar 3,63 (baik). Uji coba small group evaluation menghasilkan nilai rerata sebesar 3,87 (baik). Uji coba field trial menunjukkan nilai rerata sebesar 3,56 (baik). Rerata skor posttest siswa adalah 88,50, meningkat 6,75 dari rerata skor pretest 78,75. Kesimpulannya, media ini efektif digunakan untuk pembelajaran.
Kata Kunci: multimedia, pembelajaran geografi, litosfer dan pedosfer
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.