Keefektifan Metode Cooperative Learning Tipe STAD untuk Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS

Authors

  • Roso Sugiyanto *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan keefektifan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dan metode pembelajaran konvensional untuk hasil belajar IPS;2) Mengetahui perbedaan keefektifan metode Cooperative Learning tipe STAD dan metode pembelajaran konvensional untuk pendidikan karakter nilai kejujuran siswa.Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPNegeri 4 Depok, Sleman. Sampel dipilih dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol.Data diperoleh dengan tes untuk mengukur hasil belajar IPS dan non-tes berupa angket dengan skala Likert untuk memperoleh data tentang kejujuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik yaitu uji-t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)MetodeCooperative learning tipe STAD terbukti lebih efektif untuk meningkatanhasil belajar IPS dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional(t-hitung sebesar 5,610 dengan p = 0,000< 0,05), 2) Metode Cooperative learning tipe STAD terbukti lebih efektif untuk pendidikan karakter nilai kejujuran dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional(t-hitung sebesar 10,209 dengan p = 0.000 p < 0.05).

Kata kunci:Metode Cooperative learning tipe STAD, hasil belajar, kejujuran.

Downloads

Published

2015-09-03

How to Cite

*, R. S. (2015). Keefektifan Metode Cooperative Learning Tipe STAD untuk Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5341