Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme

Vera Yuli Erviana, Ahmad Dahlan University, Indonesia

Abstract


Rusaknya moral bangsa dapat diamati dari memudarnya perilaku peserta didik yang dicermati dari cara berperilaku, bertutur kata yang kurang sopan dan tidak beretika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan dekadensi moral melalui penerapan pendidikan karakter cinta damai dan nasionalisme di SD Muhammadiyah Karangtengah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, guru PJOK, guru PAI, serta peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis mengindikasikan bahwa dalam mengurangi kemrosotan moral peserta didik di usia sekolah dasar, pihak sekolah menanamkan pendidikan karakter cinta damai dan nasionalisme melalui pembiasaan, integrasi dalam pembelajaran, serta melalui budaya sekolah. Dalam penerapan pendidikan karakter tidak hanya usaha dari pihak sekolah saja, namun juga diperlukan adanya kerjasama antar semua elemen, mulai dari elemen pendidikan, keluarga, maupun lingkungan masyarakat. Hal itu merupakan langkah-langkah dalam mengurangi bahkan mencegah perilaku-perilaku kemrosotan moral yang terjadi di usia sekolah dasar.

 

Handling Moral Decadence Through the Application of Peace Love Characters and Nationalism

The damage to the nation's morals can be observed from the waning behavior of students who are observed from how to behave, speak impolite and unethical words. This study aims to describe the handling of moral decadence through the application of peace-loving character education and nationalism in Muhammadiyah Elementary School, Karangtengah. This research is descriptive qualitative research. The subjects in this study were school principals, classroom teachers, PJOK teachers, Islamic education teachers, and students. The data was collected by means of observation, interview, and documentation techniques. The results of the analysis indicate that in reducing the moral decline in elementary school age, schools instill peace-loving character education and nationalism through habituation, integration in learning, and through school culture. In implementing character education, it is not only an effort from the school, but also requires cooperation between all elements, starting from the elements of education, family, and the community. This is a step in reducing and even preventing moral degeneration behavior that occurs at elementary school age.


Keywords


dekadensi moral; pendidikan karakter; cinta damai; nasionalisme

Full Text:

PDF

References


Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35-48.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177-186.

Bahri, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di sekolah. Jurnal Pendidikan Islam Ta’allum, 3(1), 57.

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50-56.

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan karakter guna menanggulangi dekadensi moral yang terjadi pada peserta didik sekolah dasar. EduHumaniora, Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 16-26.

Daulay. (2016). Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi pai dalam menumbuhkan moralitas bangsa). Edukasi Islamika, 1(1).

Daniati, S. P. (2019). Natural school culture as a free and fun alternative education in building the students’ character. Elementary Education Online, 18(1).

Faridi, A. (2014). The difficulties of english teachers in instilling character building through narrative stories at elementary schools in Central Java, Indonesia. International Journal of Contemporary Applied Sciences, 1(2), 68-82.

Freeks, F. E. (2015). The influence of role-players on the character-development and character-building of South African college students. South African Journal of Education, 35(3) 1-13.

Halim, A. R., & Mislinawati, M. (2019). Upaya guru dalam menerapkan karakter cinta damai pada siswa sekolah dasar negeri 51 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 1-10.

Hermino, A., & Arifin, I. (2020). Contextual character education for students in the senior high school. European Journal of Educational Research, 9(3), 1009-1023.

Hikmah, A. N., & Amriyati, U. (2017). Analisis hubungan hasil belajar dengan karakter cinta damai di smpn 02 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 1-6.

Iskarim, M. (2017). Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia Islamika, 1(1), 1-20.

Kemendikbud. (2010). Bahan pelatihan: Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Kemdiknas.

Kurniawan, S. (2016). Pendidikan karakter: Konsepsi dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, program perguruan tinggi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maulidah, F., & Soejoto, A. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan dan konsumsi terhadap jumlah penduduk miskin di provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 227-240.

Meldawati, M., & Ersi, L. (2020). Gambaran pendidikan karakter oleh guru sejarah dalam menanamkan nasionalisme peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1299-1308.

Mislia, M., Mahmud, A., & Manda, D. (2016). The implementation of character education through scout activities. International Education Studies, 9(6), 130.

Mulia, M. S., & Aini, D. I. (2013). Karakter manusia bangsa. Bandung: Nuansa Cendekia.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156-166.

Ningrum, D. (2015). Kemrosotan moral di kalangan remaja: Sebuah penelitian mengenai parenting styles dan pengajaran adab. UNISA, XXXVII No.82s

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan karakter di sekolah dasar mencegah degradasi moral di era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142-152.

Rischa, F. N., Abdul, S., & Winarno. (2019). The Implementation of nationalism in globalization era using value clarification learning models. Advance in social science: Education and Humanity Research, 287. DOI: https://doi.org/10.2991/icesre-18.2019.33.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui manajemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.

Rusiyono, R., & Apriani, A. N. (2020). Pengaruh metode storytelling terhadap penanaman karakter nasionalisme pada siswa SD. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11-19.

Safitri, K. (2020). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan karakter melalui pembiasaan di sekolah dasar. JKTP, 1(2). Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/download/4206/2774.

Supraptiningrum & Agustini. (2015). Membangun karakter peserta didik melalui budaya sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2).

Syaefudin, S., & Santoso, S. (2018). Tipologi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembentukan karakter cinta damai siswa smp piri 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 47-67.

Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan karakter nasionalisme peserta didik di sekolah berbasis agama Islam. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 1(1), 25-33.

Zuriah, N. (2015). Pendidikan moral di budi pekerti dalam perspektif perubahan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter