The role of character education in learning during the COVID-19 pandemic

Enika Vera Intania, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Sutama Sutama, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstract


Abstract

Coronavirus Disease-2019 (COVID-19) has an impact on all aspects of life, including education. Face-to-face education must be transferred to online learning. In learning, both face-to-face and online, character education must always be instilled in students. Character education is an important thing that students must have in order to grow their character, so they can have good personalities In a pandemic such as now, character education is very necessary for students to continue to develop their potential, even though learning is carried out online. The purposes of this study are 1) Analyzing the role of character education in learning; 2) Describing the role of character education in learning in the pandemic era of COVID-19. This type of research is a reference research. The object of this research is the role of character education in learning in the COVID-19 pandemic era. Data validity is done by Triangulation of Sources and Triangulation of Extension. In this study, data analysis techniques used constant comparison. The results of the study are twofold, 1) Character education in learning has a role for students to foster good character that can be realized in their social life; 2) In the pandemic era COVID-19 character education can play a role so that students independently want to learn material and develop an attitude of responsibility towards the tasks given by the teacher in online learning.

 

Peran pendidikan karakter dalam pembelajaran selama pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 menimbulkan dampak pada semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan tatap muka harus dialihkan ke pembelajaran online. Dalam belajar, baik tatap muka maupun online, pendidikan karakter harus selalu ditanamkan pada siswa. Pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus dilakukan siswa agar dapat menumbuhkan karakternya, sehingga mereka dapat memiliki kepribadian yang baik Di masa pandemi seperti sekarang, pendidikan karakter sangat diperlukan bagi siswa untuk terus mengembangkan potensinya, meskipun pembelajaran dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini adalah, 1) Menganalisa peran pendidikan karakter dalam pembelajaran; 2) Menggambarkan peran pendidikan karakter dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian referensi. Objek penelitian ini adalah peran pendidikan karakter dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. Validitas data dilakukan dengan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Ekstensi. Dalam penelitian ini, teknik analisis data menggunakan perbandingan konstan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidikan karakter dalam pembelajaran memiliki peran bagi siswa untuk menumbuhkan karakter baik yang dapat diwujudkan dalam kehidupan sosialnya; 2) Di era pandemic, pendidikan karakter COVID-19 dapat berperan penting sehingga siswa secara mandiri ingin belajar materi-materi dan mengembangkan sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan guru dalam pembelajaran daring.


Keywords


character building; learning; COVID-19

Full Text:

PDF

References


Agboola, A., & Tsai, K. C. (2012). Bring character education into classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163-170.

Agung. (2018). Konsep pendidikan karakter Islami: Kajian epistimologis. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, 7(5), 395-402.

Andriani, S. E., Arifin, I., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238-244.

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendidikan karakter kreatif di sekolah dasar. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2).

Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

As'ari, A. R. (2018). Integrasi budaya, psikologi, dan teknologi dalam membangun pendidikan karakter melalui matematika dan pembelajarannya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Fauziyah, L., & Jailani. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang menunjang pendidikan karakter siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 2(2).

Harun. (2017). Model pendidikan karakter untuk membangun potensi harmoni sosial anak usia dini di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidkan, 10(1).

Inanna. (2018). Peran pendidikan dalam membangun karakter bangsa yang bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan , 1(1), 27-33.

Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2).

Latif, Y. (2009). Menyemai karakter bangsa budaya kebangkitan berbasis kesastraan. Jakarta: Kompas Jakarta.

Marzuki. (2013). Revitalisasi pendidikan agama di sekolah dalam pembangunan karakter bangsa di masa depan. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 64-76.

Milliren, A., & Messer, M. (2009). Invitations. Journal of Invitational Theory and Practice, 15, 19-31.

Muslich, M. (2013). Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nakayama, M., Yamamoto, H., & S, R. (2007). The impact of learner characterics on learning performance in hybrid couses among Japanese student. Elektronic Journal E-Learning, 5(3).

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(3).

Rohman, A. (2013). Model pembelajaran inter-teams game tournament untuk pengembangan kemampuan kolaborasi mahasiswa calon guru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1).

Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character education for golden generation 2045 (National character building for Indonesian golden years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161-1165.

Romanowski, M. (2005). Through the eyes of teachers: High school teachers' experiences with character education. American Secondary Education, 34(1), 6-23.

Simaremare, R. (2013). Peran serta kepala sekolah dan guru dalam membangun karakter bangsa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10-13.

Skaggs, G., & Bodenhorn, N. (2006). Relationships between implementing character education, student behavior, and student achievement. Journal of Advanced Academics, 18(1), 82-114.

Supranoto, H. (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 36-49.

Sutama. (2019). Metode penelitian pendidikan: kuantitatif, kualitatif, penelitian tindakan kelas, mix method, R&D. Sukoharjo: CV Jasmine.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utama, R., Anriyani, N., & Hendrayana, A. (2019). Pengembangan bahan ajar berorientasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMA pada materi peluang. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(1), 9-14.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: strategi membangun karakter bangsa perperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter