Efektivitas pengelolaan kegiatan kelompok kerja guru (KKG) di Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah

Edi Suprijanto, , Indonesia
Suharsimi Arikunto, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peserta, pembina, materi, kegiatan, dan sarana/prasarana terhadap keefektifan pengelolaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Rembang, Purbalingga. Data yang digunakan didapat dari kuisioner yang dibagikan kepada 303 responden. Kuisioner meliputi pertanyaan-pertanyaan mengenai peserta, pembina, materi, kegiatan, dan sarana/prasarana terhadap efektivitas pengelolaan Kelompok Kerja Guru di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Rembang, Purbalingga. Alat analisis yang digunakan adalah uji instrumen (validitas, dan reliabilitas) dan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa komponen peserta 96% sangat efektif, 4,0% efektif. Komponen pembina 81,8% sangat efektif, 18,2% efektif. Komponen materi 80,5% sangat efektif, 19,5% efektif. Komponen kegiatan 96,7% sangat efektif, 3,3% efektif. Komponen sarana/prasarana 90,8% sangat efektif, 9,2% efektif.


Keywords


efektivitas; kegiatan kelompok kerja (KKG)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter