Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Andalan di Sleman

Yohanes Sukamto, , Indonesia
Pardjono Pardjono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: 1) kompetensi guru, 2) komitmen kerja guru, 3) motivasi kerja, dan 4) kompetensi guru, komitmen kerja, motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMP negeri andalan se Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2012/2013, meliputi guru-guru di SMPN 1 Godean, SMPN 1 Sleman, SMPN 3 Sleman, SMPN 4 Pakem, SMPN 4 Depok, SMPN 1 Depok, dan SMPN 1 Kalasan sebanyak 262 guru. Sampel sebesar 150 orang ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru berpengaruh positif (b1= 0,380) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; 2) motivasi kerja berpengaruh positif (b3= 0,262) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; 3) komitmen kerja berpengaruh positif (b2= 0,325) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; dan 4) kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman.


Keywords


kompetensi guru; komitmen kerja; motivasi kerja; kinerja guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



Supervised by:


Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

 

View My Stats

Flag Counter