Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Andalan di Sleman

Authors

  • Yohanes Sukamto
  • Pardjono Pardjono

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12917

Keywords:

kompetensi guru, komitmen kerja, motivasi kerja, kinerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: 1) kompetensi guru, 2) komitmen kerja guru, 3) motivasi kerja, dan 4) kompetensi guru, komitmen kerja, motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMP negeri andalan se Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2012/2013, meliputi guru-guru di SMPN 1 Godean, SMPN 1 Sleman, SMPN 3 Sleman, SMPN 4 Pakem, SMPN 4 Depok, SMPN 1 Depok, dan SMPN 1 Kalasan sebanyak 262 guru. Sampel sebesar 150 orang ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru berpengaruh positif (b1= 0,380) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; 2) motivasi kerja berpengaruh positif (b3= 0,262) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; 3) komitmen kerja berpengaruh positif (b2= 0,325) dan signifikan (p=0,000) terhadap kinerja guru; dan 4) kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP-SMP negeri andalan di Kabupaten Sleman.

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Sukamto, Y., & Pardjono, P. (2017). Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Andalan di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 165–178. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12917

Issue

Section

Articles