Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS

Risva Anggriani, , Indonesia
Ishartiwi Ishartiwi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan metode role playing dibandingkan dengan metode ceramah dalam peningkatan: (a) keaktifan siswa dan (b) kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Marioriawa.  Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Negeri 1 Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Sampel penelitian ini adalah dua kelas dari lima kelas, dipilih satu kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan kelas eksperimen menggunakan metode role playing ditentukan dengan teknik simple random sampling dengan memilih secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan skala Likert dan panduan observasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas empiris. Pengujian realibilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis uji-t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Metode role playing lebih efektif terhadap peningkatan keaktifan siswa dibandingkan dengan metode ceramah. (2) Metode role playing lebih efektif terhadap peningkatan kerja sama siswa dibandingkan dengan metode ceramah. Role atau peran yaitu siswa dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama sebagai pemain peran dan kelompok kedua sebagai pengamat. Playing atau bermain yaitu siswa memainkan peran dalam topik musyawarah dan gotong royong dalam menciptakan keamanan desa. Dengan metode role playing, siswa dapat aktif dan bekerja sama pada saat memainkan peran atau karakter.

Kata kunci: metode role playing, keaktifan, kerja sama

 

THE EFFECTIVENESS OF ROLE PLAYING METHOD IN INCREASING THE ACTIVENESS AND COOPERATION IN SOCIAL STUDIES

Abstract

This study aims to reveal the effectiveness of the role playing method compared with the lecture method in creasing: (a) the activeness and b) the cooperation in social studies of grade VIII students of SMP Negeri 1 Marioriawa. This study was quasi-experimental with the pretest-posttest control group design. The population was all students of class VIII of SMP Negeri 1 Marioriawa, Soppeng, South Sulawesi. The research sample was two out of five classes, one control class taught using the lecture method and one experimental class taught using the role playing method. The instrument used to collect data was a questionnaire with Likert scale and an observation. The validity of the instruments used content validity and empirical validity . Testing reliability by using Cronbach 's Alpha. The data analysis technique used was the t-test analysis technique.The results are as follows. (1) The role playing method is more effective in improving student activeness compared with the lecture method, (2) The role playing method is effective in improving cooperation compared with the lecture method. The role that the students were divided into two groups, the first group as a role player and the second group as observers. Playing that students play a role in the topic of discussion and mutual assistance in creating a security village. With this method of role playing, students can be active and work at the time played a role or character.

Keywords: role playing method, activeness, cooperation

Keywords


role playing method; activeness; cooperation

Full Text:

Fulltext PDF

References


Curran, N. (2010). Stereotypes and individual differences. International Journal of Role-Playing, 2 (45), 44-58.

Joyce, B., & Weil, M. (2000). Models of teaching (6th Ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Khairunnisa, I., & Sugiharsono, S. (2015). Keefektifan pembelajaran kooperatif problem solving dan tai untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 12-20. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/4599/4493

Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). New York: Bantam. (Buku Asli Diterbitkan Tahun 1991).

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Nasution. (2000). Didaktik asas-asas mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

NCSS. (1997). North carolina social studies curriculum 1997. North Carolina: North Carolina State Department of Public Instruction.

Sumaatmadja, N. (1980). Perspektif studi sosial. Bandung: Alumni.

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS (konsep dan pembelajaran). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Suryobroto. (2002). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tasrif. (2008). Pengantar pendidikan IPS. Jakarta: Grafindo.

Kartini, T. (2007). Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 8, 5-22.

Trianto. (2012). Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp). Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Pertiwi, W. (2015). Metode role playing untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Sejarah di Kelas V SD. Jurnal Antologi UPI, 2(3), 35-64.




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.11017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats