Keefektifan metode CIRC, role playing, dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif

Trapsila Siwi Hutami, Hastuti Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada aspek: (1) pengetahuan, (2) sikap, dan (3) keterampilan. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah SMP di Kabupaten Bantul yang menerapkan Kurikulum 2013. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar penilaian diri, dan tes kinerja dalam bentuk proyek. Pengujian hipotesis dengan teknik One Way Anova pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaaan keefektifan antara metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada aspek pengetahuan; (2) ada perbedaaan keefektifan antara metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada aspek sikap; (3) ada perbedaaan keefektifan antara metode CIRC, Role Playing dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada aspek keterampilan. Dengan demikian ketiga metode tersebut mempunyai perbedaan keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif.

 

Abstract

This reseacrh aims to determine the effectiveness of CIRC method, Role Playing, and VCT in improving the learning outcomes in social studies in the aspects of: (1) knowledge, (2) attitude, (3) skill. This research is a quasi experiment. The population was the students of a junior high schools in Bantul Regency which have implemented Curriculum 2013. The sample was established using the purposive sampling technique. The data collection used a test, a self esteem sheet, and a test in the form of a project. The hypotesis testing used the One Way Anova technique at the significance level of 0.05. The result of this research shows that: (1) there are some differences in the effectiveness between the CIRC Method, Role Playing, and VCT in improving the learning outcomes in the knowledge aspect of social studies; (2) ) there are some differences in the effectiveness between the CIRC Method, Role Playing, and VCT in improving the learning outcomes in the attitudinal aspect of social studies; (3) there are some differences in the effectiveness between the CIRC Method, Role Playing, and VCT in improving the learning outcomes in the skill aspect of social studies. Therefore, these three methods have the differences in the effectiveness for improving the comprehensive social studies learning outcomes.


Keywords


Cooperative Integrated Reading and Composition; CIRC; Role playing; Permainan peran; Value Clarification Technique; VCT; Hasil belajar IPS; Social studies learning outcome

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi multivatiate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggung jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugihartono, S., Fathiyah, K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.12809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:



Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916


View Harmoni Sosial Stats