Analisis Studi Kebijakan Pengelolaan Guru SMK dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan

Suwandi Suwandi, Pusat Penelitian dan Kebijakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia

Abstract


The objective of this study was to describe a model of a professional teacher management system in the era of regional autonomy to improve the quality of education in Indonesia generally, in the levels of central government, provinces, and districts in accordance with the respective roles and responsibilities. This study is categorised into a policy study. This study involved 510 teachers, 293 headmasters or vice headmasters, and 32 heads of the education departments in the level of provinces or districts. This study was conducted using survey method. This study revealed (1) the problems related to the recruitment of teachers were resulted from three reasons namely: the incompatibility of teachers qualifications with the qualifications of applicants, the formation do not meet the needs and the teachers’ mutation process are not based on the teacher qualifications, (2) most of the teachers are not able to conduct scientific activities, specifically to write scientific papers, (3) the  career path system cannot cover the expectations, (4) the forum of professional competence development is highly influential in the teachers' professional development, (5) the teachers competence assessment are dominated by the headmasters and (6) the supervision who had been conducted is already qualified.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan model sistem pengelolaan guru profesional di era otonomi daerah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia  secara umum, di tingkat pusat, propinsi, maupun kabupaten atau kota sesuai dengan peran dan wewenang masingmasing. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan. Studi ini dilakukan terhadap sampel sebanyak 510 orang guru Sekolah Menengah Kejuruan, 293 orang kepala sekolah atau  wakil kepala sekolah, dan 32 orang kepala dinas pendidikan Propinsi, Kabupaten atau Kota. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) permasalahan yang berkaitan dengan pengadaan guru Sekolah Menegah Kejuruan bersumber pada tiga hal yaitu ketidaksesuaian kualifikasi guru dengan kualifikasi pelamar, formasi tidak sesuai dengan kebutuhan, dan mutasi guru SMK yang tidak didasarkan pada kualifikasi guru, (2) belum seluruh guru Sekolah Menengah Kejuruan dapat melakukan kegiatan ilmiah terutama menulis karya ilmiah, (3) sistem jenjang karir yang selama ini berjalan kurang memenuhi harapan, (4) forum peningkatan kompetensi professional sangat tinggi pengaruhnya pada pengembangan profesi guru, (5) praktik penilaian kompetensi guru selama ini didominasi oleh kepala sekolah, dan (6) supervisor yang selama ini berlangsung sudah memenuhi syarat.

 


Keywords


teachers, the quality of education, guru, mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Akbar. 2003. Reformasi Pendidikan Nasional. Magelang. Indonesia Tera

Badan Penelitian dan Pengembangan. 1999. Institute for Management Development (IMD). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Depdiknas. 2003. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Gunawan, Ary. H.. 1995. Kebijakan-Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

International Educational Achievement (IEA). 2000. Jurnal Provitae. Yayasan Obor Indonesia. ISSN 02164485

OECD. 2006. Assessing Scientific, Reading, and Mathematical Literacy: A Frame Work for Programme for International Student Assessment (PISA) 2006. [online].Tersedia:www://http:oecd.org/bookshop [13 Januari 2015]

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional

Pusat Penelitian Pendidikan UM. 2003. Mutu pada SMK atau MA, Laporan Akhir Monitoring dan Evaluasi Independen Proyek Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Kejuruan

Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puspendik). 2015. Penilaian yang Berkualitas untuk Pendidikan yang Berkualitas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

UNDP. 1999. Index Pembangunan Manusia Indonesia. UNDP, HDR 19992011

Word Competitiveness Yearbook. 2015. Global Competitiveness Report. Website url: https://en.wikipedia.org/wiki/Global_Competitiveness_Report. Diakses Maret 2016




DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735


Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: