Pengembangan Skala Sikap Diferensial Semantik Terhadap Fisika Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNJ

 Ratu Amilia Avianti, Gaguk Margono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan skala sikap differensial semantic terhadap fisika Jurusan Teknik Mesin. Skala differensial semantik adalah jenis pertanyaan survey dimana responden diminta untuk merata-rata pendapatannya pada skala linier antara 2 titik, yang secara teoritis ada 7 tingkatan. Skala sikap differensial semantic ini mempunyai 3 ukuran yaitu evaluasi, potensi dan aktivitas. Skala ini diujicobakan 2 kali terhadap 116 mahasiswa Teknik mesin Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan skala dengan menggunakan pendekatan respons. Pada uji coba tahap pertama, hasilnya mengindikasikan bahwa ketiga faktor diintisarikan dari data yang diperoleh menggunakan analisi komponen penting metode eksplorasi, sejalan dengan faktor pengukuran. Metode konfirmasi dari Maximum Likelihood yang mengukur kebaikan dari ketiga faktor, menemukan indeks signifikansi pada tingkat 62, 689. Hal ini mengindikasikan validitas korelasi model ketiga faktor. Untuk menentukan reliabitas instrumen digunakan Theta reliabilitas (o= 0.7965). Pada uji coba kedua, validitas konstruk juga ditentukan dengan menggunakan analisis faktor. Tiga faktor juga diintisarikan dari metode eksplorasi PCA. Metode konfirmasil ML diterapkan untuk menguji kebaikan ketiga faktor dan indeks tes yang diperoleh 60,978 yang juga signifikan. Ketiga faktor dari pengintisarian juga mendukung pengukuran teori seperti pada uji coba pertama. Konsistensi internal Theta yang diperoleh adalah o= 0.7777 dapat disimpulkan bahwa kuesioner yang mengukur sikap mahasiswa terhadap Fisika mempunyai validitas konstruk yang sesuai menggunakan skala yang berbeda. Namun demikian , dibutuhkan uji coba lebih lanjut untuk membakukan instrumen ini. 


Keywords


skala diferensial semantik terhadap fisika, validitas ananlisis konstruk, analisis faktor

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v16i1.9323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats