Pemanfaatan Sumber Belajar Internet untuk Meningkatkan Kreativitas Penyajian pada Mata Kuliah Pengolahan Makanan Oriental

 Titin Hera Widi Handayani, Ichda Chayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pemanfaatan sumber belajar internet mata kuliah Pengolahan Makanan Oriental, (2) pengaruhnya terhadap prestasi (nilai penyajian) mahasiswa, dan (3) pendapat mahasiswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Program Studi Teknik Boga (D3) sebanyak 26 orang, yang mengambil Mata Kuliah Pengolahan Makanan Oriental. Penelitian dilakukan di Laboratorium Boga Jurusan PTBB pada tahun 2006. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Model disain yang digunakan adalah model Kemmis & Mc Taggart meliputi tiga langkah yaitu planning, acting and observing, dan reflecting dengan tiga siklus perlakuan. Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) pemanfaatan sumber belajar internet pada mata kuliah Pengolahan Makanan Oriental memerlukan tiga siklus dengan perlakuan pada siklus ketiga adalah searching, mancetak hasil/ print, dan mengkaji kulinari, (2) sumber belajar internet dapat meningkatkan nilai penyajian mata kuliah Pengolahan Makanan Oriental dari nilai 2,5 (cukup sesuai – sesuai) menjadi 3,35 (sesuai – sangat sesuai), (3) mahasiswa berpendapat bahwa sumber belajar internet pada mata kuliah Pengolahan Makanan Oriental dapat lebih menambah wawasan tentang penyajian makanan oriental dan dapat membuat mahasiswa lebih kreatif serta lebih memahami kulinari makanan oriental.

Keywords


sumber belajar, internet, Pengolahan Makanan Oriental

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v19i2.7741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats