Peningkatan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study

Authors

  • Sukir Sukir Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY
  • Soeharto Soeharto Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY
  • Nurhening Yuniarti Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jptk.v18i1.7682

Keywords:

pencapaian kompetensi dan lesson study

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendapatkan pola  penerapan pembelajaran berbasis lesson study untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan (2) mengetahui kompetensi yang dicapai mahasiswa melalui pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik. Penelitian ini  dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2008/2009 di Program Studi Teknik Elektro D3 FT UNY pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik. Sistem pembelajaran yang diterapkan dengan lesson study model Lewis.  Teknik pengambilan data dengan kolaborasi, observasi, kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Instrumen menggunakan lembar observasi, angket, pedoman wawancara dan kamera. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis refleksi kolaboratif  oleh kelompok dan  pakar. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1)  Pola  penerapan pembelajaran berbasis lesson study pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik yang dapat meningkatkan pencapaian kompetensi bagi mahasiswa, (2) Kompetensi yang dicapai mahasiswa pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik yang dalam perkuliahannya menerapkan pembelajaran berbasis lesson study ditandai dengan jumlah mahasiswa yang meraih nilai di atas atau sama dengan 70 sebanyak 20 orang atau 66,66 %.

Downloads

How to Cite

Sukir, S., Soeharto, S., & Yuniarti, N. (2016). Peningkatan Pencapaian Kompetensi Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 103–127. https://doi.org/10.21831/jptk.v18i1.7682

Issue

Section

Articles