Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Rangkaian Listrik melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY

Authors

  • Djoko Santoso Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY
  • Umi Rokhayati Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jptk.v16i2.7635

Keywords:

model pembelajaran, rangkaian listrik, tindakan kelas, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran rangkaian listrik melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD serta memaparkan tanggapan mahasiswa Elektronika FT UNY terhadap implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan berlangsung 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 kegiatan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian di Jurdiknik Elektronika FT UNY, mulai bulan September – Nopember 2007. Subyek penelitian mahasiswa D3 reguler Prodi Teknik Elektronika yang mengambil mata kuliah rangkaian listrik. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pendekatan pembelajaran kooperatif teknik STAD dapat meningkatkan kualitas pembelajaran rangkaian listrik. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan, dari rerata 67,47 siklus I menjadi 74,78 siklus II. Sebesar 78,30% mahasiswa member tanggapan setuju terhadap implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Downloads

Published

2007-10-01

How to Cite

Santoso, D., & Rokhayati, U. (2007). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Rangkaian Listrik melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 271–292. https://doi.org/10.21831/jptk.v16i2.7635

Issue

Section

Articles