EVALUASI PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN)

 Suwandi Suwandi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persiapan  penyelenggara UASBN; (2) tingkat pencapaian  sosialisasi; (3) pelaksanaan pelatihan dan  penyusunan  soal UASBN; (4) penggandaan dan pengamanan naskah soal ujian; (5) pendistribusian soal UASBN; dan (6) sistem pengawasan UASBN. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi di lima provinsi yaitu: Jawa Tengah, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Timur. Tiap provinsi dipilih tiga SD masing-masing satu sekolah  kategori baik, cukup, dan kurang serta satu MI kategori menengah. Secara nasional berjumlah 20 sekolah, terdiri dari 15 SD dan 5 MI yang dijadikan sampel.

Pengambilan data lapangan dilakukan selama 4 hari, salah satunya adalah hari terakhir UASBN, yaitu pada tanggal 15 Mei 2008. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) persiapan  penyelenggara UASBN sudah berjalan dengan sangat matang; (2) tingkat pencapaian  sosialisasi sudah 100%; (3) pelaksanaan pelatihan dan  penyusunan soal UASBN sudah dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota; (4) Penggandaan  dan pengamanan naskah soal ujian sudah sesuai dengan SOP; (5) pendistribusian soal UASBN sudah dilaksanakan dengan baik sehingga tidak ada daerah yang mengalami keterlambatan; dan (6) sistem pengawasan UASBN sudah sesuai dengan ketentuan satu ruang belajar di awasi oleh dua orang guru.

Kata Kunci: evaluasi, pendidikan dasar, ujian akhir


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats